PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI SDN BANJARSARI KAB. JOMBANG TAHUN 2022/2023

RIKHA NUR WAHYUNI, 12205193230 (2023) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI SDN BANJARSARI KAB. JOMBANG TAHUN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (376kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Skripsi dengan judul, “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik Di SDN Banjarsari Kab. Jombang Tahun 2022/2023” ditulis oleh Rikha Nur Wahyuni, NIM. 12205193230, Pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi Kata Kunci: Peran Guru, Membentuk Karakter Islami Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membantu perkembangan siswa dalam mewujudkan tujuan hidupnya secara maksimal. Guru memiliki salah satu peran yaitu menumbuhkan nilai karakter yang terdapat dalam pendidikan. Pendidikan karakter menjadi bagian dari proses pembentukan karakter anak bangsa, selain itu juga pendidikan karakter diharapkan dapat dijadikan fondasi utama dalam meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia. Salah satu karakter yang dimaksud adalah karakter islami. Berkaitan dengan ini maka perlu adanya penelItian terkait peran guru dalam membentuk karakter islami peserta didik di SDN Banjarsari Kab. Jombang. Agar pendidikan mulai bertransformasi kearah yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam membentuk karakter islami peserta didik di SDN Banjarsari Kab. Jombang. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter islami peserta didik di SDN Banjarsari Kab. Jombang. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai inovator dalam membentuk karakter islami peserta didik di SDN Banjarsari Kab. Jombang. Untuk sampai pada tujuan tersebut, penelitian ini didasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, ketekunann pengamatan, dan Triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa telah diketahui: [1] Peran guru sebagai fasilitator dalam membentuk karakter islami peserta didik di SDN Banjarsari Kabapaten Jombang yaitu: menciptakan keramahan, kenyamanan, keterbukaan antara guru dan peserta didik, memfasilitasi tempat yang nyaman untuk peserta didik dan fasilitas untuk pembelajaran di kelas. [2] Peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter islami peserta didik di SDN Banjarsari Kabupaten Jombang yaitu: menjalin hubungan yang baik antara guru dan peserta didik supaya tercipta kenyamanan, senantiasa memberikan nasehat- nasehat yang membangun peserta didik dan memberikan reward sebuah hadiah atau nilai kepada peserta didik. [3] Peran guru sebagai inovator dalam membentuk karakter Islami peserta didik di SDN Banjarsari kabupaten jombang yaitu menciptakan situasi dan kondisi antara guru dan peserta didik yang menyenangkan, menggunakan media pembelajaran di lapangan, dan mengadakan sebuah program pembelajaran di luar sekolah yang tentunya kreatif dan inovatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SKRIPSI 12205193230 Rikha Nur Wahyuni
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:37
Last Modified: 28 Jul 2023 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37941

Actions (login required)

View Item View Item