UPAYA GURU TPQ DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL HIKMAH MOJOWARNO JOMBANG

AHMAD SYARIFUDDIN, 12201183249 (2023) UPAYA GURU TPQ DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL HIKMAH MOJOWARNO JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru TPQ dalam Membentuk Perilaku Keagamaan pada Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Mojowarno Jombang”, ini ditulis oleh Ahmad Syarifuddin, NIM. 12201183249, Pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patonni, M. Ag. Kata Kunci: Upaya Guru TPQ, Membentuk Perilaku Keagamaan (qana’ah, taswaddlu’, istiqomah). Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh begitu pentingnya perilaku keagamaan bagi para santri yang akan menjadi generasi muda penerus bangsa, agar menjadi anak yang memiliki perilaku terpuji serta dapat menjalankan kehidupan sehari-hari dengan berperilaku keagamann yang terpuji. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan qana’ah pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Mojowarno Jombang? 2) Bagaimana upaya guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan tawaddlu’ pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Mojowarno Jombang? 3) Bagaimana upaya guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan istiqomah pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Mojowarno Jombang? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan qana’ah pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Mojowarno Jombang. 2) Untuk mendeskripsikan upaya guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan tawaddlu’ pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Mojowarno Jombang. 3) Untuk mendeskripsiskan upaya guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan istiqomah pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Mojowarno Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan ditinjau dari segi pendekatan yaitu menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah keikutsertaan, menemukan siklus kesamaan data, dan ketekunan pengamatan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Upaya guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan qana’ah pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Mojowarno Jombang yaitu: a) upaya guru menjadi motivator, buktinya dengan selalu memberikan pembiasaan kepada santri melalui berbagai motivasi-motivasi di dalam kelas untuk bersikap sedernaha apa adanya serta membiaskan bersyukur dengan apa yang kita miliki. b) upaya guru menjadi suri tauladan, buktinya guru selalu memberikan pembiasaan mencontohkan untuk berperilaku sederhana apa adanya serta tidak berlebihan baik dalam hal berpenampilan maupun berdandan. c) upaya guru menjadi penasehat, buktinya guru selalu memberikan nasehat pada santri yang berlebihan baik dalam hal berpenampilan maupun berdandan lalu memberikan pengarahan kepada santri untuk berperilaku qana’ah dimanapun berada karena perilaku qana’ah adalah salah satu akhlak terpuji. 2) Upaya guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan tawaddlu’ pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Mojowarno Jombang yaitu: a) Upaya guru menjadi pembimbing, buktinya dengan guru memberikan bimbingan untuk berperilaku tawaddlu’ atau sikap hormat kepada orang tua, guru maupun sesama santri di TPQ Al Hikmah agar dapat menjadi kebiasaan berperilaku tawaddlu’. b) Upaya guru menjadi motivator, buktinya dengan guru memberikan motivasi untuk membiasakan saling menghormati kepada guru,orang tua maupun sesama santri di TPQ Al-Hikmah. c) Upaya guru menjadi pengawas, buktinya guru sering memantau para santrinya ketika di TPQ agar saling menghormati sesama santri dan tidak berantem atau berkelahi dengan para santri yang ada di TPQ Al Hikmah. Jika ada yang tidak menghargai temannya maka guru memberikan takzir atau hukuman kepada santri seperti menghafalkan surah-surah pendek, membaca Al-Qur’an dan membersihkan kelas yang ada di TPQ Al Hikmah. d) Upaya guru menjadi penasehat, buktinya dengan guru memberikan nasehat dan arahan kepada santri bahwa berperilaku tawaddlu’ sangat penting bagi kita agar menjadi kebiasaan untuk selalu tawadllu’. 3) Upaya guru TPQ dalam membentuk perilaku keagamaan istiqomah pada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Mojowarno Jombang yaitu: a) Upaya guru menjadi suri tauladan, buktinya dengan guru memberikan contoh bahwa guru mengajar para santrinya dengan istiqomah agar mencapai tujuan yaitu menjadikan para santri sebagai generasi muda yang berilmu dan berahlak mulia dan juga tidak melupakan kewajiban mengikuti sholat berjamaah magrib di masjid dekat TPQ sebelum proses belajar mengajar dimulai. Sehingga para santri mau berantusias untuk belajar dengan sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dan mengikuti pelaksanaan shalat berjamaah. b) Upaya guru menjadi motivator, buktinya dengan guru memberikan motivasi-motivasi cerita para ulama dan kiyai terdahulu yang berkaitan dengan istiqomah agar para santri bersemangat dalam menuntut ilmu dan selalu mengingatkan dan mengawasi para santri untuk melakukan nderes (membaca Al-Qur’an) agar bacaannya lancar. c) Upaya guru menjadi penasehat, buktinya dengan guru memberikan nasehat dan arahan agar para santri tidak suka bolos dan beristiqomah dalam menuntut ilmu untuk masa depan dirinya sendiri dan konsisten dalam mengikuti shalat berjamaah setiap harinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12308193207 Muhammad Affandi
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:39
Last Modified: 02 Aug 2023 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38018

Actions (login required)

View Item View Item