NURUL AFRILIA SARI, 2811123021 (2016) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (495kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nurul Afrilia Sari, NIM. 2811123021 dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Rejotangan Tulungagung”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh melihat kondisi pendidikan saat ini memang cukup tidak baik dalam proses pembelajaran, karena seorang guru masih belum bisa memahami secara tuntas mengenai strategi dalam belajar mengajar. Padahal strategi merupakan salah satu cara yang sangat efektif digunakan oleh seorang guru dalam meningkatkan motivasi atua minat belajar siswa, karena dengan adanya strategi yang digunakan oleh guru, siswa diharapkan rajin belajar dan tidak merasa bosan pada suatu mata pelajaran khususnya pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam merupakan ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kurangnya pemahaman seorang guru secara tuntas mengenai strategi dalam belajar akhirnya peserta didik kurang termotivasi dalam belajar terutama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam karena masih banyak guru pendidikan agama Islam yang jarang menggunakan strategi yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Selain itu masih banyak siswa yang menganggap remeh pelajaran pendidikan agama Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa kelas X di SMAN 1 Rejotangan ? (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa kelas X di SMAN 1 Rejotangan ? (3) Bagaimana faktor yang menghambat dan mendukung guru PAI dalam meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa kelas X di SMAN 1 Rejotangan ? Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan teknik pengumpulan data ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMAN 1 Rejotangan. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif kualitatif untuk data yang kualitatif. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjangan keikutsertaan, keajekan pengamatan, triangulasi sumber dan metode, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian: (1) Strategi guru untuk meningkatkan motivasi intrinsik yaitu dengan cara mengajak siswanya untuk selalu bertafakur, merenungkan apa pentingnya sebuah pendidikan untuk kehidupan di masa yang akan datang nantinya. (2) Strategi guru untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik yaitu dengan cara menggunakan strategi SKU (Syarat Kecakapan Ubudiyah) dan pembiasaan. (3) Faktor yang menghambat yaitu: adanya pengaruh teknologi saat ini dan pengaruh buruk dari teman. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu: adanya motivasi dari pihak keluarga sendiri, guru, dan lingkungan yang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123021 NURUL AFRILIA SARI |
Date Deposited: | 16 Sep 2016 03:30 |
Last Modified: | 16 Sep 2016 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3805 |
Actions (login required)
View Item |