ROFII'UL HUMAM, 12850121031 (2023) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi Multi Situs di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (871kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru (Studi Multi Situs di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek)” ini ditulis oleh Rofii’ul Humam dengan promotor Prof. Dr. Ahmad Tanzeh. M.Pd.I dan Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata kunci : Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Supervisi pendidikan berperan memberi kemudahan dan membantu kepala madrasah dan guru mengembangkan potensi secara optimal. Supervisi harus dapat meningkatkan kepemimpinan kepala madrasah sehingga dapat mencapai efektifitas dan efesiensi program madrasah secara keseluruhan. Kepala madrasah merupakan salah satu kompenen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatan kualitas pendidikan, untuk itu kepala madrasah harus mengetahui tugas-tugas yang ia laksanakan. Oleh karena itu fokus masalah tesis ini telah diarahkan kepada studi tentang. 1). Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam merencanakan peningkatan kompetensi profesional guru di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek? 2). Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam melaksanakan peningkatan kompetensi profesional guru di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek? 3). Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam mengevaluasi peningkatan kompetensi profesional guru di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek? Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu deskripsi analisis mengenai 1). Untuk menganalisis temuan dan menyusun proposisi tentang peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam merencanakan peningkatan kompetensi profesional guru di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek. 2). Untuk menganalisis temuan dan menyusun proposisi tentang peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam melaksanakan peningkatan kompetensi profesional guru di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek? 3). Untuk menganalisis temuan dan menyusun proposisi tentang peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam mengevaluasi peningkatan kompetensi profesional guru di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek? Adapun dari hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dan manfaat 1). Bagi madrasah yang diteliti dapat dijadikan masukan yang positif untuk meningkatkan mutu pendidikan di lembaganya dalam rangka mencapai tujuan yang sudah di rumuskan. 2). Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan bagi pemerintah khususnya Kementerian Agama untuk membina dan menfasilitasi kepala madrasah swasta untuk mewujudkan kualitas dan mutu pendidikan lebih baik dan dapat di banggakan. 3). Bagi semua pihak yang menginginkan mutu pendidikan yang lebih baik benar-benar bisa terwujud sedini mungkin dan sesuai dengan apa yang di harapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam peningkatan kompetensi profesional guru di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, disimpulakan sebagai berikut : 1). Perencanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi profesional guru di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek, dimana kegiatan yang dilakukan yaitu membentuk tim (supervisor), menentukan instrumen, menentukan sasaran lalu menentukan jadwal pelaksanaan dari supervisi akademik yang dilakukan dalam peningkatan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran. 2). Pelaksanaan supervsisi akademik kepala madrasah di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku trenggalek dalam peningkatan kompetensi profesional guru yaitu dengan beberapa tahap yaitu tahap pertemuan pendahuluan, tahap observasi kelas dan tahap pertemuan balikan. Kepala madrasah melaksanakan supervisi akademik dengan memperhatikan situasi dan kondisi guru yaitu dengan penerapan berbagai teknik yang terdiri dari teknik individu seperti kunjungan kelas, pertemuan pribadi dan teknik kelompok yaitu dengan rapat guru dan lain sebagainya. 3). Evaluasi supervisi akademik kepala madrasah di MA Nurul Ulum Munjungan dan MA Plus Raden Paku Trenggalek dalam peningkatan kompetensi profesional guru yaitu suatu pengukuran untuk mengetahui sampai mana program dijalankan. Evaluasi dilakukan dengan melihat ketercapaian guru dalam mengajar dan perubahan yang terjadi setelah dilakukan supervisi mengenai progres guru dalam mengajar. Evaluasi juga dilakukan dengan mengikutkan guru dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi profesional dari guru itu sendiri serta dengan memetakan hasil supervisi melalui matrik perkembangan supervisi.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Humam Rofiiul |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 08:43 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 08:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38124 |
Actions (login required)
View Item |