UPAYA USTADZ DALAM MENANGGULANGI PENGARUH LINGKUNGAN DI MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL ULUM SERUT-TULUNGAGUNG (2016)

imroattus sholichah, 2811123009 (2016) UPAYA USTADZ DALAM MENANGGULANGI PENGARUH LINGKUNGAN DI MADRASAH DINIYAH TARBIYATUL ULUM SERUT-TULUNGAGUNG (2016). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
revisi bab 1.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
revisi bab 2.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
revisi bab 3.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
revisi bab 4.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
revisi bab 5.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
revisi bab 6.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Imroattus Sholichah, NIM. 2811123009 dengan judul “Upaya Ustadz dalam Menanggulangi Pengaruh Lingkungan di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Serut-Tulungagung”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. H. Munardji, M. Ag. NIP. 19541218 198602 1 001. Kata Kunci: Upaya Ustadz, Pengaruh Lingkungan Penelitian ini dilatarbelakangi karena lingkungan memberikan pengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran santri di madrasah. Untuk menanggulangi beberapa pengaruh negatif dari lingkungan, maka pendidikan di keluarga dan sekolah tidak cukup. Anak harus memiliki pondasi keagamaan yang kuat agar mereka tidak mudah terpengaruh dengan pengaruh negatif dari lingkungan. Maka dari itu, orang tua sewajibnya menempatkan anaknya pada Lembaga Pendidikan Islam seperti madrasah. Dalam hal ini kedudukan ustadz dipahami demikian penting. Karena setiap harinya santri lebih sering berkomunikasi dengan ustadz. Oleh karena itu pemberian pondasi keagamaan yang kuat dirasa penting agar santri tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Apa saja pengaruh dari lingkungan yang harus ditanggulangi oleh ustadz di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Serut-Tulungagung? (2) Bagaimana upaya ustadz dalam menanggulangi pengaruh lingkungan secara preventif di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Serut-Tulungagung? (3) Bagaimana upaya ustadz dalam menanggulangi pengaruh lingkungan secara represif di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Serut-Tulungagung? (4) Bagaimana upaya ustadz dalam menanggulangi pengaruh lingkungan secara kuratif di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Serut-Tulungagung. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan pengaruh dari lingkungan yang harus ditanggulangi oleh ustadz di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Serut-Tulungagung; (2) Untuk mendiskripsikan upaya ustadz dalam menanggulangi pengaruh lingkungan secara preventif di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Serut-Tulungagung; (3) Untuk mendiskripsikan upaya ustadz dalam menanggulangi pengaruh lingkungan secara represif di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Serut-Tulungagung; (4) Untuk mendiskripsikan upaya ustadz dalam menanggulangi pengaruh lingkungan secara kuratif di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Serut-Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Pengaruh lingkungan yang harus ditanggulangi oleh ustadz di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ulum Serut-Tulungagung berupa pengaruh dari keluarga, sekolah, masyarakat dan teknologi informasi; (2) Upaya ustadz dalam menanggulangi pengaruh lingkungan secara preventif dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, pembiasaan sholat berjama’ah dan kegiatan ekstrakurikuler; (3) Upaya ustadz dalam menanggulangi pengaruh lingkungan secara represif dilakukan melalui peringatan secara lisan, tertulis, adanya guru Bimbingan Konseling (BK) dan wali kelas; (4) Upaya ustadz dalam menanggulangi pengaruh lingkungan secara kuratif dilakukan melalui pendekatan keagamaan, pengarahan, pemberian perhatian dan sanksi serta metode keteladanan, pembiasaan dan nasehat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123009 IMROATTUS SHOLICHAH
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:08
Last Modified: 20 Dec 2016 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3820

Actions (login required)

View Item View Item