STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK ISLAM 1 DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK

FITHRIYA RAHMAWATI, 2811123091 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMK ISLAM 1 DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (403kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Fithriya Rahmawati, NIM. 2811123091, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2016, Dosen Pembimbing Dr. Luk luk Nur Mufidah M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI sangat kurang, karena menganggap pelajaran PAI ini kurang penting. Hal ini berpengaruh dalam pengembangan pembelajaran karena guru merupakan sentral dan sumber kegiatan belajar mengajar kurangnya kemampuan guru dalam pelaksanaan strategi pembelajaran menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan strategi pengorganisasian pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. (2) Pelaksanaan strategi penyampaian pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. (3) Pelaksanaan strategi pengelolaan pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. (4) Kendala-kendala yang dihadapai dalam melaksanakan strategi pembelajaran PAI dan solusi untuk mengatasinya di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, proses pemilihan, dan tahap akhir adalah pemeriksaan keabsahan data. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan presistent observation (ketekunan pengamatan), triangulasi, dan peerdering (pemeriksaan sejawat melalui diskusi). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PAI yang pertama strategi pengorganisasian yaitu sebagai struktural strategi, yang mengacu pada cara untuk membuat urutan dan mensintesisi fakta, konsep prosedur dan prinsip yang berkaitan dengan pembelajaran, yang dilaksanakan di SMK Islam 1 Durenan yaitu pembuatan RPP dan silabus. Kedua strategi penyampaian pembelajaran yaitu komponen variabel metode untuk melaksanakan proses pembelajaran, yang dilaksanakan di SMK Islam 1 Durenan yaitu menggunakan metode diskusi dan metode ceramah, serta dengan menggunakan alat bantu pembelajaran berupa LCD, video animasi, dan sebagai sumber belajar buku paket kemudian LKS. Dan yang ketiga strategi pengelolaan pembelajaran yaitu strategi ini berurusan dengan si belajar, ada empat hal yang menjadi urusan strategi pengelolaan yaitu penjadualan penggunaan strategi pembelajaran, pembuatan catatan kemajuan belajar siswa, pengelolaan motivasional dan kontrol belajar. Kemudian yang dilaksanakan di SMK Islam 1 Durenan yaitu pembuatan catatan-catatan kemajuan belajar siswa. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam pelaksanaan strategi pembelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan diantaranya guru yang tidak mengerti tentang IT.ada siswa yang terlambat masuk kelas, siswa didalam kelas tidur saat melakukan pembelajaran, suka membolos waktu pelajaran PAI biasanya siswa membolos ke UKS atau ke kantin, beberapa siswa bermain hp, gaduh didalam kelas dan buku sumber belajar di perpustakaan kurang lengkap. Sulit untuk mengetahui satu persatu karakter dari siswa dikarenakan jarang masuk kelas. Solusi untuk mengatasi kendala-kendala yang ada di SMK Islam 1 Durenan Kabupaten Trenggalek yaitu dengan meningkatkan kemampuan guru tentang IT, pendekatan kepada siswa, pemberian hukuman yang mendidik, pemberian perhatian, pemberian nasehat, mencari sumber belajar tambahan dari geogle dan bekerjasama dengan pihak BP.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123091 FITHRIYA RAHMAWATI
Date Deposited: 15 Sep 2016 04:42
Last Modified: 15 Sep 2016 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3823

Actions (login required)

View Item View Item