KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL TIPE HOTS PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 NGUNUT

AHMAD IFAN AFANDI, 12204173136 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL TIPE HOTS PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Tipe HOTS Pada Materi Bilangan Berpangkat Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa” ini ditulis oleh Ahmad Ifan Afandi , NIM. 12204173136, dibimbing Dr.Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika, HOTS. Seperti yang kita ketahui banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan matematika. Oleh sebab itu agar pola pikir matematika dapat digunakan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari perlu adanya pendidikan matematika. Demi tercapainya pendidikan yang berkualitas, maka dibutuhkan upaya terus menerus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dan selalu mempertimbangkan perkembangan matematika dalam penerapan dan penggunaannya sehingga siswa memiliki kemampuan tertentu untuk mengontrol apa yang dipelajarinya. Pemecahan matematika adalah penerapan pengetahuan matematika yang telah diperoleh sebelumnya kedalam situasi atau permasalahan baru yang belum pernah dilalui. Kemampuan matematika dibedakan menjadi 3 yaitu kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang dan kemampuan matematika rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika pada soal tipe HOTS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang diberikan terdiri dari tiga soal dan wawancara yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur karena pedoman wawancara yang digunakan hanya berupa garis besar permasalahan yang akan ditanyakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah pada soal HOTS, yaitu (a) mampu memahami masalah dengan baik (b) membuat pemecahan masalah dengan benar (c) mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah (d) mampu menunjukkannya hasil akhir atau kesimpulan. Siswa berkemampuan matematika sedang kurang memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah pada soal HOTS, yaitu (a) kurang mampu memahami masalah (b) kurang mampu membuat pemecahan masalah dengan benar (c) kurang mampu melaksanakan rencana pemecahan masalah (d) mampu menunjukkan hasil akhir. Siswa berkemampuan matematika rendah tidak memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah pada soal HOTS.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:03
Last Modified: 07 Aug 2023 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38355

Actions (login required)

View Item View Item