ERISTA ARI WILUJENG, 12205193192 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL GAMBAR DAN MEDIA AUDIO VISUAL VIDEO MELALUI LAPTOP DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MIFTAHUL HUDA REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Erista Ari Wilujeng. 2023. Efektivitas Media Visual Gambar dan Media Audio Visual Video melalui Laptop dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di MI Miftahul Huda Rejotangan Tulungagung. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Zainudin, S.Ag.,M.Pd.I. Kata kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kualitas manusia seutuhnya, setiap guru harus bertanggung jawab secara profesional atas keberhasilan misi pendidikan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk menanamkan motivasi belajar adalah penggunaan media pada proses pembelajaran. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran visual gambar terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS (2) Bagaimana efektifitas penggunaan media pembelajaran audio visual melalui laptop terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS (3) Bagaimana perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran dan tanpa menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di MI Miftahul Huda Rejotangan Tulungagung. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran visual dan audio visual terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik dan perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran dan tanpa menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di MI Miftahul Huda Rejotangan Tulungagung. Penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode kualitatif yang datang secara langsung kepada narasumber agar mendapatkan hasil yang sesuai. Analisis yang dilakukan melalui wawancara dengan Kepala Madrasah, guru dan peserta didik. Hasil belajar dapat dibuktikan dengan uji Independent Samples T-Test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik saat pembelajaran menggunakan media dan tanpa menggunakan media. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran tergolong tinggi, karena mayoritas peserta didik dapat menangkap informasi yang disampaikan. Akan tetapi, peserta didik masih perlu banyak belajar. Sedangkan untuk efektifitas penggunaan media video melalui laptop kurang efektif dalam pembelajaran dengan banyaknya peserta didik yang ada. Bila dilihat dari proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS sebelum menggunakan media, hasil belajar peserta didik sangat rendah. Setelah menggunakan media, peserta didik lebih aktif dan hasil belajarnyapun meningkat sedikit demi sedikit dari sebelumnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193192 ERISTA ARI WILUJENG |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 04:09 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38422 |
Actions (login required)
View Item |