KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM MEMBENTUK BUDAYA KERJA DI SEKOLAH (Studi Multi Kasus di MTs Mambaul Ma’arif Sampang dan SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan)

M. SULTON BAHARUDDIN, 12850121041 (2023) KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM MEMBENTUK BUDAYA KERJA DI SEKOLAH (Studi Multi Kasus di MTs Mambaul Ma’arif Sampang dan SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Kepemimpinan Profetik dalam Membentuk Budaya Kerja di Sekolah (Studi Multi Kasus di MTs Mambaul Ma’arif Sampang dan SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan)” ini ditulis oleh M. Sulton Baharuddin, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, NIM: 12850121041 Tahun 2023 dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Kepemimpinan profetik, Budaya sekolah Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena kepemimpinan pendidikan Islam yang belum mampu mencapai titik idealnya yakni sebagai Khalifah fi al-Ardh. Pemimpin juga dituntut untuk bisa mewujudkan Rahmatan lil ‘Alamin terhadap para bawahan dan semua yang berada dalam ruang lingkup kepemimpinannya. Sebagai seorang pemimpin di sekolah, kepala sekolah terkadang menerapkan berbagai macam model atau gaya kepemimpinan, namun kepala sekolah masih kesulitan dalam membentuk budaya kerja yang baik di sekolahnya. Maka dari itu, peneliti menggunakan kepemimpinan profetik sebagai acuan kepala sekolah dalam membentuk budaya kerja di sekolahnya. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana nilai humanisasi kepemimpinan profetik kepala sekolah dalam membentuk budaya kerja di MTs Mambaul Ma’arif Sampang dan SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan?; (2) Bagaimana nilai liberasi kepemimpinan profetik kepala sekolah dalam membentuk budaya kerja di MTs Mambaul Ma’arif Sampang dan SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan?; (3) Bagaimana nilai transendensi kepemimpinan profetik kepala sekolah dalam membentuk budaya kerja di MTs Mambaul Ma’arif Sampang dan SMPN 1 Tanjungbumi Bangkalan?; Tesis ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni model Milles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui validasi internal, validasi eksternal, reliabilitas, dan obyektivitas. Hasil dari penelitian ini adalah: Nilai humanisasi di terapkan kepala sekolah melalui asas kekeluargaan, pemberian Reward (penghargaan), dan pengadaan pelatihan keprofesionalan guru. Nilai liberasi di terapkan kepala sekolah dengan cara memberikan guru kebebasan dalam menggunakan model dan metode pembelajaran, menerapkan nilai keberagaman, mewujudkan kesetaraan gender, dan menjalin kerjasama dengan pihak berwajib dalam mencegah terjadinya kemungkaran yang melibatkan siswa di luar sekolah. Nilai transendensi di terapkan kepala sekolah melalui suri tauladan, menghadiri acara keagamaan, serta rutin mengadakan kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Kepemimpinan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa 12850121041 M. Sulton Baharuddin
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:02
Last Modified: 04 Aug 2023 09:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38473

Actions (login required)

View Item View Item