SITI KHUSNUL SHOFFIYAH, 2811123025 (2016) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS X DAN XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SIANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
1.Bagian Awal Skripsi.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
2.BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text
3.BAB II.pdf Download (451kB) |
||
|
Text
4.BAB III.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
5.BAB IV.pdf Download (289kB) | Preview |
|
Text
6.BAB V.pdf Download (284kB) |
||
|
Text
7.BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
8.Daftar Rujukan.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Pada Peserta Didik Kelas X dan XI di Sekolah Menengah Kejuruan Siang Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Khusnul Shoffiyah, NIM. 2811123025, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.Dosen pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan sains dan IPTEK yang semakin pesat, yang menyuguhkan dari berbagai informasi yang baik bahkan yang buruk, dimana dalam perkembangan tersebut akan berimbas pada setiap individu terutama pada remaja. Apalagi perkembangan remaja yang mulai memasuki kematangan awal dan memiliki pemikiran yang cenderung mudah terpengaruh pada hal-hal negatif.Dari permasalahan tersebut maka guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang penting dalam membina akhlak remaja. Dalam hal ini peneliti membahas terkait dengan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak remaja khususnya kelas X dan XI di SMK Siang Tulungagung. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian skripsi adalah (1)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai edukator dalam membina akhlak peserta didik kelas X dan XI di Sekolah Menengah Kejuruan Siang Tulungagung? (2)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membina akhlak peserta didik kelas X dan XI di Sekolah Menengah Kejuruan Siang Tulungagung? (3)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam membina akhlak peserta didik kelas X dan XI di Sekolah Menengah Kejuruan Siang Tulungagung?. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan jenis penelitian kualitatif.Data yang dikumpulkan dengan menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan dalam analisisnya, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMK Siang sudah cukup baik.Pertama, peran guru PAI sebagai Edukator dalam membina akhlak yaitu dengan melalui penguatan dan pemahaman pendidikan agama, budaya religious, kegiatan-kegiatan yang bersifat agamis, dan pembiasaan kedisiplinan. Kedua, peran guru PAI sebagai Motivator dalam membina akhlak yaitu dengan melalui pemberian pemahaman mengenai hubungan dengan Tuhan, pemahaman dan kesadaran untuk menerapkan akhlak dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadikan diri sebagai suri tauladan yang baik. Dan yang Ketiga, peran guru PAI sebagai Evaluator dalam membina akhlak yaitu dengan melalui penilaian sikap dan ketaatan saat mengikuti pembelajaran, penilaian mengenai pola pikir, cara berbicara, bersikap, berpakaian, dan berkomunikasi dengan guru maupun dengan teman sebaya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123025 SITI KHUSNUL SHOFFIYAH |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 03:37 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3850 |
Actions (login required)
View Item |