PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN TEGALASRI 2 WLINGI-BLITAR

IRMA CAHYA PRATIWI, 12205183071 (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN TEGALASRI 2 WLINGI-BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Tegalasri 2 Wlingi-Blitar” di tulis oleh Irma Cahya Pratiwi, NIM. 12205183071, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing H. Muh. Nurul Huda. M.A. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa. Orang tua merupakan guru pertama bagi anaknya ketika belajar di rumah. Semakin banyak peran yang diambil oleh orang tua dalam pendidikan anak maka akan meningkat pula minat belajar anak. Guru dalam pembelajaran di sekolah berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai, dan pengevaluasi siswa. Dalam hal ini, peran orang tua juga dibutuhkan dalam proses belajar siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa SDN Tegalasri 2 Wlingi-Blitar? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat minat belajar siswa SDN Tegalasri 2 Wlingi-Blitar? Untuk dapat mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan kejadian sesuai kenyataan di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara semi tersetruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penyajian hasil temuan. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada 3 peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa SDN Tegalasri 2 Wlingi yaitu dengan mendampingi siswa saat belajar di rumah, memotivasi siswa dalam belajar, dan membuatkan jadwal khusus saat melakukan belajar dirumah agar bisa terlaksanan secara efisien. 2) Kendala yang dihadapi Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN Tegalasri 2 Wlingi yaitu ada factor pendukung dan factor penghambat. Faktor pendukung belajar siswa bisa melalui pemberian motivasi terhadap siswa, ekonomi orang tua yang memadai untuk pembelian fasilitas belajar, waktu yang cukup untuk mendampingi siswa belajar sehingga siswa dapat meningkatan minat belajar. Lalu faktor penghambat diantaranya ekonomi orang tua yang pas-pasan yang tidak dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam belajar, orang tua yang sibuk sehingga tidak bisa mendampingi dan membagi waktu saat anak belajar di rumah, orang tua yang cuek dan tidak memberikan dukungan dan kasih saying terhadap siswa yang menyebabkan siswa kurang minat dalam belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183071 Irma Cahya Pratiwi
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:10
Last Modified: 08 Aug 2023 08:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38506

Actions (login required)

View Item View Item