IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 SRENGAT BLITAR

IKA AHSANUN NADIA, 12207193089 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Ika Ahsanun Nadia NIM 12207193089, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Moh. Mashudi, M. Pd. I Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Mutu Pendidikan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan kurikulum pendidikan sebagai upaya mengatasi krisis belajar yang telah dialami sejak lama dan diperparah dengan adanya pandemi covid-19. Kebijakan merdeka belajar menjadi langkah awal demi terwujudnya sumber daya manusia yang unggul dan memiliki profil pelajar pancasila. SMAN 1 Srengat Blitar termasuk salah satu sekolah menengah atas negeri di Blitar yang tergolong lebih awal dalam penerapan kurikulum merdeka yaitu mulai tahun ajaran 2021/2022. Selain itu, SMAN 1 Srengat Blitar ini merupakan sekolah unggulan yang mutu pendidikannya tergolong baik dan memiliki siswa-siswi berprestasi di bidang akademik maupun non akademik, sehingga dapat dijadikan role model lembaga pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan melalui kurikulum merdeka ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum merdeka di SMAN 1 Srengat Blitar dengan fokus penelitian; 1) Bagaimana perencanaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Srengat Blitar?; 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Srengat Blitar?; dan 3) Bagaimana evaluasi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Srengat Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana serta guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, review informan, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi dan membercheck. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; 1) Perencanaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Srengat Blitar dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bimtek, workshop, dan seminar. Lalu dilanjutkan dengan perencanaan sarana dan prasarana serta pembiayaan, 2) Pelaksanaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Srengat Blitar dengan melaksanakan 3 model pembelajaran yaitu intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Yang membedakan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka dan kurikulum sebelum�sebelumnya terletak pada pembelajaran kokurikulernya yaitu pembelajaran yangberfokus pada praktek dan penguatan profil pelajar pancasila, 3) Evaluasi pelaksanaan kurikulum merdeka di SMAN 1 Srengat Blitar dilakukan secara internal dan eksternal. Evaluasi internal dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor sekolah sedangkan evaluasi eksternal dilakukan oleh dinas pendidikan dengan mengadakan kunjungan sekolah dan pemberian angket penilaian

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:28
Last Modified: 08 Aug 2023 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38599

Actions (login required)

View Item View Item