HANDAN NURIN JAUZUL HINDI, 12207193096 (2023) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTs.N 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Handan Nurin Jauzul Hindi, Skripsi 2023, “Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Minat dan Bakat melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MTsN 4 Tulungagung”, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Drs. H. Imam Saerozi, M.HI., NIP: 196407181992031001. Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Pengembangan Minat dan Bakat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh setiap individu mempunyai minat dan bakat dalam diri yang berbeda dan mereka membutuhkan layanan yang tepat untuk mengembangkan potensinya. MTsN 4 Tulungagung merupakan salah madrasah yang eksis dalam peraihan prestasi, khususnya pada bidang ekstrakurikuler. Tanpa pengelolaan yang baik madrasah tidak akan bisa eksis pada kacamata pendidikan sehingga dibutuhkan manajemen peserta didik untuk mengelola kegiatan yang berkenaan dengan peserta didik. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kegiatan peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTsN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTsN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi kegiatan peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTsN 4 Tulungagung? Dalam penulisan peneliti menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini di MTsN 4 Tulungagung. Menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Untuk analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas, uji transferbilitas, dan uji komfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Perencanaan manajemen peserta didik dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru atau awal periode dengan penentuan strategi pencarian minat dan bakat peserta didik, perekrutan dan penyortiran anggota ekstrakurikuler dan penyusunan program kerja. (2) Pelaksanaan manajemen peserta didik dalam pengembangan minat dan bakat setiap kegiatan pembina dan pelatih senantiasa mengayomi kebutuhan peserta didik. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di MTsN 4 Tulungagung yakni bidang seni, kerohanian, olahraga, atletik, pramuka, paskibra, literasi, tahfidz, dan IT. Pengembangan minat dan bakat dilaksanakan setelah KBM selesai. 3) Evaluasi manajemen peserta didik dalam pengembangan minat dan bakat dilaksanakan tiap kegiatan ekstrakurikuler dan tiap akhir periode.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 03:46 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38626 |
Actions (login required)
View Item |