PENERAPAN MENTODE ACTIVE LAEARING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DI MTS NU JOHO PACE NGANJUK

ISTIKHAR WANDA NOVITASARI, 12201183266 (2023) PENERAPAN MENTODE ACTIVE LAEARING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DI MTS NU JOHO PACE NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Active Learning Untuk meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits di MTs Nu Joho Pace Nganjuk”, ditulis oleh Istikhar Wanda Novitasari, NIM 12201183266, Pembimbing Mohammad Ja'far As-Shodiq, M.Pd.I Kata kunci: Active Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar, Al-Quran Hadist Beberapa penyebab kurangnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran Al Quran Hadist adalah kurangnya minat belajar siswa. Pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik perhatian siswa karena metode yang digunakan. Metode pembelajaran mejadi suatu cara untuk menyajikan pesan pembelajaran sehingga mencapai hasil pembelajaran secara optimal. Jika metode yang digunakan oleh guru cenderung membosankan dan monoton maka minat belajar siswa sedikit. Dengan menerapkan metode Active Learning dan memanfaatkan media pembelajaran secara maksimal maka minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran pelajaran Al-Quran Hadist diharapkan dapat meningkat secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran active learning untuk meningkatkan minat belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Joho Pace Nganjuk (2) Mendeskripsikan penerapan metode Active Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs NU Joho Pace Nganjuk (3) Mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran dalam metode active learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Joho Pace Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian study kasus dengan metode kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas VII-A tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari tigas prosedur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan memperpanjang keikutsertaan, ketentuan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode Active Learning meningkatkan minat belajar siswa. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat pada saat proses pembelajaran yaitu siswa lebih aktif menanggapi dan bertanya kepada guru pada saat pembelajaran. (2) Penerapan metode Active Learning meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dilihat dari meningkatnya nilai UAS (Ujian Akhir Semester). Rata-rata nilai UAS pada semester ganjil yaitu 80,45 sedangkan nilai UAS semester genap yaitu 82,45. (3) Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan minat dan hasil belajar. Pembelajaran Al-Quran Hadist dengan menggunakan media pembelajaran LCD Proyektor, Power Point, Video dan beberapa media yang dapat dimanfaatkan dan dapat menarik minat belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183266 ISTIKHAR WANDA NOVITASARI
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:13
Last Modified: 10 Aug 2023 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38638

Actions (login required)

View Item View Item