PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERNAPASAN BERBASIS BOOK CREATOR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURI MOJOKERTO

MAULIDATUR ROHMAH, 12205193017 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERNAPASAN BERBASIS BOOK CREATOR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PURI MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Materi Pernapsan berbasis book creator di Madrsah Ibtidaiyah Negeri Puri Mojokerto.” Ini ditulis oleh Maulidatur Rohmah, NIM. 12205193017, Dosen Pembimbing Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Book Creator. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi untuk mendorong upaya-upaya pembaruan dalam bidang Pendidikan. Oleh sebab itu seorang guru dituntut untuk berpikir lebih maju lagi dalam menciptakan inovasi yang lebih baru dan lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya. Salah satu contoh dalam mengembangkan media pembelajaran melalui bantuan teknologi yaitu berupa book creator. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan desain model media pembelajaran digital dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi pernapasan berbasis book creator kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Puri Mojokerto. (2) Menjelaskan Pengembangan media pembelajaran digital dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi pernapasan berbasis book creator kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Puri Mojokerto. (3) menjelaskan efektivitas media pembelajaran digital dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi pernapasan berbasis book creator kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Puri Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (desain), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi), dan tahap Evaluation (evaluasi). Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) Media pembelajaran yang dihasilkan berupa media pembelajaran digital berbasis book creator yang didesain menggunakan software book creator berdasarkan rancangan storyboard yang telah dibuat. (2) Media pembelajara berbasis book creator yang dikembangkan peneliti memiliki beberapa kelebihan, yaitu dilengkapi dengan gambar dan animasi/video yang relevan untuk menjelaskan materi Sistem pernapasan manusia. Selain itu, disajikan beberapa konsep penyajian untuk menjelaskan materi pembelajaran, antara lain dalam bentuk teks dengan gambar pada setiap sub materi, serta video/animasi untuk menjelaskan Sistem pernapasan manusia. Media pembelajaran berbasis book creator ini juga dilengkapi dengan soal-soal penilaian untuk mengukur tingkat pemahaman siswa setelah mempelajari sistem pernapasan manusia. (3) Hasil analisis data respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis book creator ini sangat efektif dengan memperoleh rata-rata skor total mencapai 91,42% sehinggaَّtermasukَّkedalamَّkriteriaَّ“sangatَّefektif”.َّSedangkanَّhasilَّanalisisَّdataَّ hasil belajar siswa menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan, terbukti pada nilai rata-rata pretest sebesar 53,69 mengalami peningkatan pada posttest mencapai 90,84. sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis book creator dapat digunakan dan dikembangkan serta memenuhi persyaratan sebagai media pembelajaran yang valid atau layak dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193017 MAULIDATUR ROHMAH
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:03
Last Modified: 10 Aug 2023 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38643

Actions (login required)

View Item View Item