EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA SISWA SDI AL - HIDAYAH SAMIR NGUNUT

ALIFIA ANGGI WAHYU PUTRI, 12205193159 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA SISWA SDI AL - HIDAYAH SAMIR NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian Skripsi ini dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Pada Siswa SDI Al - Hidayah Samir Ngunut” ini ditulis oleh Alifia Anggi Wahyu Putri, NIM. 12205193159, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Kata Kunci : Media Kartu Kata, Kemampuan Membaca Membaca adalah suatu proses dimaksudkan informasi dari teks dan pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca memiliki peranan yang utama dalam membentuk makna. Dengan menggunakan media yang tepat dan sesuai dengan pembelajaran tentunya dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa di SDI Al – Hidayah Samir Ngunut dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kartu kata yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat peraga atau media yang digunakan untuk proses belajar mengajar guna mempermudah atau memperjelas penyampaian materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia pada siswa di SDI Al – Hidayah Samir Ngunut dan (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia siswa SDI Al – Hidayah Samir Ngunut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia pada siswa di SDI Al – Hidayah Samir Ngunut dan (2) bagaimana efektivitas penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia siswa SDI Al – Hidayah Samir Ngunut? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen bentuk Pre-Test dan Post-Test yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu kata terhadap hasil belajar meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia siswa di SDI Al – Hidayah Samir Ngunut melalui penggunaan media kartu kata. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dokumentasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas 1 untuk pre-test didapatkan rata-rata 71,52 dan post-test didapatkan rata-rata 84,78. Berdasarkan pemaparan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa dapat meningkatkan proses belajar siswa secara signifikan. Pada tabel t diperoleh t hitung negatif, yaitu - 4.555. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji tailed sampel t-Test dapat dikatakan berpengaruh apabila nilai dari sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 setelah dilakukan uji tailed sample t-Test telah diperoleh nilai 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 dan Ha diterima. Jadi, penelitian ini terbukti ada pengaruh media kartu kata terhadap hasil belajar Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Siswa di SDI Al – Hidayah Samir Ngunut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193159 ALIFIA ANGGI WAHYU PUTRI
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:43
Last Modified: 10 Aug 2023 04:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38652

Actions (login required)

View Item View Item