PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARDGAME “NUSANTARA KITA” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP KERAGAMAN BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Cholilatun Nabilah, 12850521006 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARDGAME “NUSANTARA KITA” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP KERAGAMAN BUDAYA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Boardgame “Nusantara Kita” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Keragaman Budaya pada Peserta Didik Kelas IV SD” ditulis oleh Cholilatun Nabilah, NIM. 12850521006 dengan dosen pembimbing Dr. Luk-luk Nur Mufidah, M. Pd.I. dan Dr. Eni Setyowati, S. Pd., M.M. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Boardgame, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran pada materi keragaman budaya masih rendah. Rendahnya motivasi ini berpengaruh terhadap pemahaman konsep. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya media pembelajaran yang mendukung. Perlu dikembangkan suatu media pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman konsep peserta didik dalam materi keragaman budaya. Media yang dipilih peneliti dalam penelitian ini adalah media pembelajaran boardgame dengan nama “Nusantara Kita”. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana desain pengembangan media pembelajaran Boardgame “Nusantara Kita” untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep keragaman budaya pada peserta didik kelas IV SD? (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Boardgame “Nusantara Kita” untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep keragaman budaya pada peserta didik kelas IV SD? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran Boardgame “Nusantara Kita” untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep keragaman budaya pada peserta didik kelas IV SD? Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg and Gall dengan 10 tahapan. Penelitian dilakukan di sekolah dasar di Blitar dan Tulungagung. Subyek uji coba terdiri dari 6 peserta didik MI Miftahul Hidayah pada uji coba awal, 12 peserta didik pada MI Jam’iyatut Tholibin pada uji coba lebih luas, dan 48 peserta didik pada SDI Miftahul Huda pada uji coba operasional. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, validasi ahli media, validasi ahli materi, angket respon guru dan peserta didik, angket motivasi belajat, dan soal tes pemahaman konsep Keragaman Budaya. Metode analisis data yang digunakan adalah membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji-t indpendent. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa boardgame “Nusantara Kita” pada materi Keragaman Budaya, (2) kelayakan produk oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 91,8% dengan kategori “sangat layak”. Kelayakan produk oleh ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 92,86% dengan kategori “sangat layak”. Pada uji coba awal, respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 91,67%, sedangkan hasil rata-rata respon guru sebesar 82,8% dengan kategori sangat layak. Pada uji lebih luas, respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 91,67%, sedangkan hasil rata-rata respon guru sebesar 92,6% dengan kategori sangat layak, (3) Hasil independent t-test pada pemahaman konsep dan motivasi belajar diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar dan pemahaman konsep yang siginifikan antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran boardgame "Nusantara Kita” dengan yang tidak menggunakannya sebagai media pembelajaran materi keragaman budaya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521006 CHOLILATUN NABILAH
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:13
Last Modified: 10 Aug 2023 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38673

Actions (login required)

View Item View Item