LISMIL AFIFAH, 12204193049 (2023) DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT KELAS VIII MTS AL HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (690kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert Kelas VIII MTs Al Huda Bandung” ini ditulis oleh Lismil Afifah, NIM. 12204193049, Pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Lingkaran, Kepribadian Extrovert, Kepribadian Introvert. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah permasalahan yang sering muncul dalam proses pembelajaran matematika yaitu siswa masih memandang bahwa matematika merupakan pelajaran yang membosankan dan sulit difahami. Hal ini berdampak pada rendahnya sikap positif atau disposisi matematis yang dimiliki siswa. Disposisi matematis siswa ini sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Siswa yang memiliki disposisi matematis yang tinggi akan menjadi pribadi yang tangguh, ulet, bertanggung jawab, serta memiliki motivasi untuk mencapai hasil yang terbaik dan mempunyai prestasi yang tinggi. Salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya disposisi matematis yaitu adanya perbedaan tipe kepribadian siswa. Perbedaan tipe kepribadian ini akan mempengaruhi sikap siswa dalam memahami, menyusun serta menyampaikan pengetahuan yang dimiliki. Untuk itu peneliti tertarik untuk menganalisis lebih dalam terkait disposisi matematis siswa yang ditinjau berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan introvert pada materi lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa dengan tipe kepribadian extrovert dalam memecahkan masalah matematika pada materi lingkaran kelas VIII MTs Al Huda Bandung. 2) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa dengan tipe kepribadian introvert dalam memecahkan masalah matematika pada materi lingkaran kelas VIII MTs Al Huda Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Huda Bandung dan diikuti oleh kelas VIII-A yang berjumlah 19 Siswa. Dari 19 siswa dipilih 4 siswa sebagai subjek penelitian dengan kriteria 2 siswa memiliki tipe kepribadian extrovert dan 2 siswa memiliki tipe kepribadian introvert. Teknik pengambilan data menggunakan angket, tes, wawancara, dan observasi. Kemudian analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Disposisi matematis siswa dengan tipe kepribadian extrovert dalam memecahkan masalah matematika pada materi lingkaran kelas VIII MTs Al Huda Bandung mampu mencapai 3 indikator disposisi matematis yaitu, percaya diri, rasa ingin tahu, reflektif. 2) Disposisi matematis siswa dengan tipe kepribadian introvert dalam memecahkan masalah matematika pada materi lingkaran kelas VIII MTs Al Huda Bandung mampu mencapai 6 indikator disposisi matematis yaitu, percaya diri, rasa diri mampu, rasa ingin tahu, rajin dan tekun, fleksibel dan reflektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | fatma dwi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38712 |
Actions (login required)
View Item |