ZULFA ZAKIYATUL FU’ADAH, 12201183025 (2023) STRATEGI MADRASAH DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MA MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik melalui Kegiatan Keagamaan di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Zulfa Zakiyatul Fu’adah, NIM. 12201183025, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Strategi madrasah, religiusitas peserta didik, kegiatan keagamaan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena kurangnya pendidikan karakter religius untuk anak usia remaja. Melihat hal itu, MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar memiliki program melalui kegiatan keagamaan, yang bertujuan untuk meningkatkan karakter religius sebagai upaya memberikan pembelajaran religiusitas kepada peserta didik yang masih dalam usia remaja. Salah satu kegiatan keagamaan di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yaitu kegiatan keagamaan khotmil qur’an. Kegiatan keagamaan khotmil qur’an digunakan madrasah guna membantu dalam meningkatkan religiusitas peserta didiknya. Fokus penelitian yang ada di dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses madrasah dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui kegiatan khotmil qur’an di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. 2) Bagaimana latar belakang madrasah menggunakan kegiatan khotmil qur’an dalam meningkatkan religiusitas peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. 3) Bagaimana dampak kegiatan khotmil qur’an terhadap religiusitas peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu dengan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian strategi madrasah dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui kegiatan khotmil qur’an ini adalah: 1) proses madrasah dalam membentuk religiusitas peserta didik melalui kegiatan khotmil qur’an di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Tujuan kegiatan khotmil qur’an yaitu dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca al-qur’an dan dapat menumbuhkan karakter religi peserta didik. Pelaksaannya dilakukan setiap dua minggu sekali yaitu pada hari minggu pukul 07.00, dimulai dari pembacaan tahlil, khotmil qur’an kemudian sholat dhuha dan diakhiri dengan ramah tamah. Metode yang digunakan untuk khotmil qur’an yaitu metode binnadzor. Adapun sarana dan prasarana yang digunakan adalah masjid, al-qur’an, sound system, meja, dan karpet. 2) Latar belakang kegiatan khotmil qur’an dalam membentuk religiusitas peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Yang melatar belakangi kegiatan khotmil qur’an ada dua faktor, yang pertama faktor intern yaitu karakter re;igi yang berasal dari dalam diri peserta didik, dan yang kedua faktor ekstern yaitu berasal dari latar belakang atau lingkungan peserta didik. 3) Dampak kegiatan khotmil qur’an terhadap religiusitas peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Berdampak terhadap keimanan peserta didik yang meliputi disiplin saat melaksanakan sholat berjamaah di sekolah dan sabar untuk mengantri waktu berwudhu, juga berdampak terhadap ibadah peserta didik seperti membangkitkan semangat dalam membaca al-qur’an dan meningkatkan kesadaran peserta didik untuk mengerjakan sholat dhuha dan kegiatan khotmil qur’an ini juga berdampak terhadap akhlak mulia peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 07:29 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38767 |
Actions (login required)
View Item |