STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI HUKUM BACAAN TAJWID PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 6 TULUNGAGUNG

ELVIDA ZAHROTUN NADIA, 12201193044 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI HUKUM BACAAN TAJWID PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (948kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Elvida Zahrotun Nadia. NIM 12201193044. 2023. “Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Hukum Bacaan Tajwid pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Peningkatan Pemahaman, Hukum Bacaan Tajwid Peserta didik sebelum menuju ke materi menghafal di wajibkan untuk memahami terlebih dahulu materi hukum bacaan tajwid hal ini bertujuan agar hafalan dan bacaan mereka sesuai dengan kaidah tajwid. Namun kemampuan Peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung ternyata masih belum sepenuhnya mampu memahami materi hukum bacaah tajwid yang sudah di jelaskan oleh Guru sebelumnya. Namun Guru Al-Qur’an Hadis memiliki kombinasi metode dengan media serta kreativitas-kreativitas, oleh karena itu penerapan strategi pembelajaran yang tepat akan berpengaruh kepada kemampuan Peserta didik dalam memahami materi tajwid. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Hukum Bacaan Tajwid pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung? (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Hukum Bacaan Tajwid pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung? (3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Hukum Bacaan Tajwid pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung?. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Guru AlQur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Hukum Bacaan Tajwid pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung, (2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Hukum Bacaan Tajwid pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung, (3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Hukum Bacaan Tajwid pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah di MTsN 6 Tulungagung. Sementara sumber data diperoleh dari: Kepala Sekolah, Guru Al-Qur’an Hadis, dan Waka Kurikulum, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Pembelajaran Guru AlQur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Hukum Bacaan Tajwid pada Peserta didik Kelas VIII MTsN 6 Tulungagung dengan mengikuti musyawarah Guru mata pelajaran (MGMP) tingkat kabupaten dan madrasah untuk menyusun materi, merancang pendekatan, media, metode, dan penilaian yang tertuang ke dalam bentuk RPP. (2) Pelaksanaan Pembelajaran yang dilakukan Guru Al-Qur’an Hadis di MTsN 6 Tulungagung untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Hukum Bacaan Tajwid pada Peserta didik kelas VIII melakukan apersepsi, penyampaian materi dengan mengkombinasi metode dan model serta kreativitas, partisipasi Peserta didik dengan menerapkan jenis strategi dan model, melakukan tes dan penilaian, serta melakukan kegiatan lanjutan dan di akhiri penutup. (3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh Guru Al-Qur’an Hadis di MTsN 6 Tulungagung untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Hukum Bacaan Tajwid pada Peserta didik kelas VIII dengan melakukan penilaian tes dan non tes, melakukan tindak lanjut terhadap hasil dari penilaian tes dan non tes, perlunya adanya evaluasi, serta mengukur seberapa persen tingkat pemahaman sebelum dan sesudah adanya strategi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193044 ELVIDA ZAHROTUN NADIA
Date Deposited: 01 Sep 2023 10:20
Last Modified: 01 Sep 2023 10:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38842

Actions (login required)

View Item View Item