RIDHO MUHAMMAD ROSYID, 12201183359 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA KELAS VII DI MTS NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (384kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Kelas Vii Di Mts Nu Kota Blitar” ini ditulis oleh Ridho Muhammad Rosyid, NIM 12201183359. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Saiful Bahri, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Kualitas Pembelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dimana proses pembelajaran hanya menghasilkan segelintir siswa yang berhasil, sementara sebagian besarnya kurang tertangani dengan baik. Menyadari kondisi tersebut seyogyanya lembaga pendidikan utamanya guru harus memiliki strategi tertentu untuk meningkatkan pembelajarannya. Sehingga pada akhirnya dapat membantu siswa menemukan makna dalam pembelajaran dengan cara menghubungkan materi ajar dengan konteks kehidupan sehari-hari. guru pendidikan agama islam di MTs NU Kota Blitar, khususnya pada mata pelajaran akidah akhlaq memiliki strategi khusus dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak. Meskipun berada di bawah naungan pondok pesantren, sekolah disini seperti pada pembelajaran akidah akhlak tidak hanya menjalaskan dengan metode ceramah dan tanya jawab saja, melainkan juga memberdayakan metode yang lebih variatif seperti : Praktek mengamalkan isi materi pembelajaran, Information search, presentasi, diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini meliputi antara lain : (1) Untuk mendeskripsikan Strategi Ekspositori Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak pada Kelas VII. (2) Untuk mendeskripsikan Strategi Inkuiri Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak pada Kelas VII. (3) Untuk mesdeskripsikan Strategi Kooperatif Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak pada Kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis data deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dengan alur reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan hasil : (1) Strategi ekspositori guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak pada kelas VII di MTs NU Kota Blitar adalah sebagai berikut : (a) Tahap persiapan (b) Tahap penyajian yaitu menyajikan pembelajaran adalah menggunakan metode ceramah dengan bantuan media alat peraga dan smart TV. (c) Korelasi (menghubungkan pembelajaran dengan pengalaman siswa) (d) Menyimpulkan yaitu keterampilan menyimpulkan pelajaran bertujuan untuk memberikan deskripsi atau gambaranxi secara menyeluruh mengenai apa yang telah dipelajari oleh siswa. (f) Mengaplikasikan hasil pembelajaran. (2) Strategi inkuiri guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak pada kelas VII adalah sebagai berikut : (a) Tahap orientasi pembelajaran. (b) Tahap perumusan masalah. (c) Kegiatan merumuskan hipotesis. (d) Tahap pengumpulan data. (e) Tahap menguji hipotesis (f) Merumuskan kesimpulan. (3) Strategi kooperatif guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak pada kelas VII di MTs NU Kota Blitar adalah sebagai berikut : (a) Tahap penjelasan materi. (b) Tahap belajar dengan kelompok. (c) Tahap penilaian standar. (d) Penetapan tim kelompok yang paling menonjol.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12212173020 Fasjriya Agustin |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 03:59 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38877 |
Actions (login required)
View Item |