STRATEGI GURU IPS DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 PURWOASRI KEDIRI

MUFIDATURROHMAH PRIYANI, 12209193091 (2023) STRATEGI GURU IPS DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI SOSIAL PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 PURWOASRI KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Mufidaturrohmah Priyani. 12209193091. Strategi Guru IPS Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Sosial Pada Siswa Kelas VII di SMPN 1 Purwoasri Kediri. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 2023. Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru IPS, Nilai-Nilai Sosial, Siswa SMP Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta pada lapangan menunjukkan bahwa guru IPS masih lebih berorientasi pada penugasan dan pemahaman siswa pada materi pembelajaran tanpa mempertimbangkan pembentukan karakter siswa sebagai efek belajar, sehingga materi pembelajaran kurang mengena pada sikap dan kepribadian siswa dalam membentuk interaksi antar guru dan siswa. Hal itu menjadikan siswa cenderung rame atau tidak memperhatikan saat guru sedang menjelaskan, saat proses pembelajaran di dalam kelas berlangsung. Maka dari itu, kendala-kendala tersebut tentu perlu solusi agar proses belajar mengajar tetap tersalurkan dengan baik, seorang guru IPS sangat perlu menggunakan strategi pembelajaram yang sesuai dengan materi yang ingin disampaikan serta sesuai pula dengan strategi guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai sosial. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru IPS menanamkan nilai-nilai sosial pada pembelajaran IPS siswa kelas VII di SMPN 1 Purwoasri?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam melakukan strategi penanaman nilai-nilai sosial pada siswa kelas VII di SMPN 1 Purwoasri?. 3) Bagaimana hasil strategi guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai sosial pada kelas VII di SMPN 1 Purwoasri?. Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi guru IPS menanamkan nilai-nilai sosial pada pembelajaran IPS siswa kelas VII di SMPN 1 Purwoasri. 2) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam melakukan strategi penanaman nilai-nilai sosial pada siswa kelas VII di SMPN 1 Purwoasri. 3) Untuk mengetahui hasil strategi guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai sosial pada kelas VII di SMPN 1 Purwoasri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini merujuk pada model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data yakni ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai sosial yang dimiliki oleh siswa melalui beberapa cara yakni keteladanan/contoh dan teguran dan pola pembiasaan secara terus-menerus. Untuk menanamkan nilai-nilai sosial siswa guru menanamkan sikap jujur, disiplin, toleransi, gotong royong, sopan santun, percaya diri dan tanggung jawab (sikap berani menerima konsekuensi, mampu melaksanakan tugas individu dengan baik, tidak menyalahkan orang lain, dan selalu menepati janji) kepada siswa. 2) Faktor yang menjadi pendukung dari strategi guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai sosial siswa yakni adanya lingkungan belajar yang nyaman, adanya peraturan di dalam kelas yang dipatuhi, dan adanya peran guru yang dominan. Sebaliknya faktor penghambat dari strategi guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai sosial siswa yakni adanya guru yang terlambat, kurangnya kepantauan terhadap peraturan, dan adanya pengaruh dari teman. 3) Hasil strategi guru IPS dalam menanamkan nilai-nilai sosial pada siswa kelas VII di SMPN 1 Purwoasri meliputi kesadaran sosial, pemahaman multikultural, dan keterlibatan sosial sudah tertanam dengan kondisi baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193091 MUFIDATURROHMAH PRIYANI
Date Deposited: 17 Aug 2023 11:14
Last Modified: 17 Aug 2023 11:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38945

Actions (login required)

View Item View Item