WIWIS MEIKE, 12209193048 (2023) UPAYA GURU IPS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (730kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (336kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (505kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru IPS dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung" ini ditulis oleh Wiwis Meike, NIM 12209193048, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Drs. H. Jani. M.M.,M.Pd. Kata Kunci: Minat belajar, Upaya Guru, Metode Interaktif Penelitian ini dilatar belakangi adanya kurang minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS siswa SMPN 3 Kedungwaru 3 Tulungagung, yang mana adanya ketidaksiapan dalam belajar dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga. Adanya latar belakang tersebut membutuhkan perhatian dan motivasi belajar dari pihak sekolah maupun keluarga supaya siswa memiliki minat belajar yang tinggi. Fokus penelitian dalam Skripsi ini yaitu:1) Bagaimana upaya guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VIII di SMP 3 Kedungwaru Tulungagung, 2) Apa saja faktor-faktor pendukung guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VIII di SMP 3 Kedungwaru Tulungagung, dan 3) Bagaimana hambatan dan solusi guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini yaitu 1) Untuk menjelaskan bagaimana Upaya IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negri 3 Kedungwaru Tulungagung, 2) Untuk mengetahui faktor – faktor pendukdiung guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa kelas VIII di SMP Negri 3 Kedungwaru Tulungagung dan 3) Untuk mengetahui hambatan dan solusi guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa kelas VIII di SMP Negri 3 Kedungwaru Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Observasi di lakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang sedang diteliti, wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara terbuka di SMP Negri 3 Kedungwaru Tulungagung, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data dengan jalan menyelidiki dokumen-dokumen yang sudah ada dan merupakan tempat untuk menyiapkan sejumlah data agar peneliti mendapat informasi secara maksismal yang dapat menggambarkan kondisi obyek yang diteliti dengan benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwah Upaya guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas Vlll di SMP Negri 3 Kedungwaru Tulunggung dengan menggunakan 3 tehnik yaitu:Menggunakan metode belajar seperti Metode ceramah, Diskusi Kelompok, Assesment Diagnostik dan metode latihan Keterampilan. Kedua Menggunakan Model pembelajaran bermain peta, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran Kontekstual. Ketiga Menggunakan media pembelajarank seperti: PPT Interaktif, media audio, Media gambar dan Media Peta dan Globe. Faktor-faktor pendukung guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII SMP Negri 3 kedungwaru Tulungagung yaitu: Program sekolah, Sarana-prasarana yang menunjang belajar siswa meliputi:Perpustakaan, Ruang Kelas, Laboratorium dan ruang BK.Hambatan dan solusi guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan sosial kelas VIII SMP Negri 3 kedungwaru tulungagung dapat di kelompokkan menjadi dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa sendiri, faktor eksternal terdiri dari guru, orang tua, teman sebaya. solusi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan Memberikan motivasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193048 WIWIS MEIKE |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 03:21 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38964 |
Actions (login required)
View Item |