STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA GURU DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU

FITROH LUTFIATURROHMAH, 12207193038 (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA GURU DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Kinerja Guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Strategi kepala madrasah merupakan faktor terpenting dalam meningkatkan mutu dan kualitas lembaga pendidikan. Faktor salah satunya yaitu motivasi kepala madrasah kepada tenaga pendidik. Motivasi kinerja sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan pendidikan, motivasi sangat dibutuhkan oleh setiap orang khususnya tenaga pendidika dalam melaksanakan pekerjaannya. Guru yang memliki motivasi tinggi akan mempunyai kontribasi yang tinggi pada kemajuan lembaga pendidikan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana formulasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kinerja guu di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) formulasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru sudah dipersiapkan dengan matang dengan melalui observasi dan dilanjutkan rapat yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru dan setiap satu bulan sekali, baik oleh kepala madrasah komite dan guru. Perencanaan tersebut dimuat dalam program kerja yang terdiri dari jangka panjang dan jangka pendek. (2) implementasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kineja guru sudah dilaksanakan dengan baik. meningkatkan kedisiplinan kepada tenaga pendidik, mengikutsertakan guru pada pada kegiatan MGMP, workshop atau pelatihan untuk meningkatkan keahlian para guru. Memberikan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment) kepada guru. (3) evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru sudah berjalan dengan lancar dengan melakukan rapat setiap akhir bulan yang tidak hanya dilakukan secara internal melainkan juga secara eksternal. Melakukan supervisi berupa monitoring secara rutin dan penilaian kinerja guru (PKG).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207193038 FITROH LUTFIATURROHMAH
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:48
Last Modified: 31 Aug 2023 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38966

Actions (login required)

View Item View Item