PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN BADAL 2 NGADILUWIH KEDIRI

Miftachul Jannah, 2817123101 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN BADAL 2 NGADILUWIH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Sampul.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V SDN Badal 2 Ngadiluwih Kediri” ini ditulis oleh Miftachul Jannah, NIM. 2817123101, Dosen Pembimbing Drs.H.Jani,MM.,M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif,Think Pair and Share, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair and share (TPS). Dengan diterapkan model kooperatif tipe think pair and share (TPS) diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Badal 2 Nagdiluwih Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan Jepang pada peserta didik kelas V SDN Badal II Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2015 / 2016? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan Jepang pada peserta didik kelas V SDN Badal II Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2015 / 2016? Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan Jepang pada peserta didik kelas V SDN Badal 2 Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2015 / 2016. (2) Untuk menjelaskan peningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan Jepang pada peserta didik kelas V SDN Badal 2 Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2015 / 2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VA SDN Badal 2 yang terdiri atas 13 laki-laki dan 11 perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas V SDN Badal II ngadiluwih Kediri adalah sebagai berikut : (1) Peneliti menyampaikan materi kepada peserta didik, (2) Peneliti mengajukan permasalan yang berkaitan dengan materi lalu meminta mereka untuk memikirkan jawabanya (Think), (3) Setelah dirasa waktu sudah cukup, peserta didik diminta untuk mencari pasangan dengan maksud untuk menyelesaikan tugas secara bersama-sama (Pair), 4) Setelah waktu diskusi selesai, peneliti meminta peserta didik untuk menpresentasikan di depan kelas (Share), karena pasangan kelompok berjumlah 12 pasang maka peneliti hanya meminta sebagian peserta didik untuk mempresentasikan, 5) Setelah waktu diskusi selesai, peneliti melengkapi dan meluruskan hasil presentasi peserta didik, 6) Peneliti memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk menanyakan materi yang belum dipahami, 7) Peserta didik bersama peneliti menarik kesimpulan dari pembelajaran. Hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS materi Perjuangan melawan penjajahan Jepang telah terjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 50,00 dengan prosentase ketuntasan 4,16%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 66,67 dengan prosentase ketuntasan 58,33% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 86,25 dengan prosentase ketuntasan 91,66%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair and share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas VA SDN Badal 2 Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: PGMI 2817123101 Miftachul Jannah
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:14
Last Modified: 06 Oct 2016 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3897

Actions (login required)

View Item View Item