IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR

FAUZIATIN NISA’, 12209193075 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Fauziatin Nisa’ NIM. 12209193075, pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, melalui pendidikan karakter diharapkan dapat menjadi perubahan terhadap pendidikan di tanah air, semakin maraknya tindakan kriminal yang dilakukan oleh para pelajar, sehingga pendidikan karakter dirasa tepat untuk mencegah kegiatan-kegiatan yang negative tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Rumusan masalah pada penelitian ini berkaitan dengan proses implementasi pendidikan karakter, faktor pendorong dan penghambat serta dampak dari implementasi pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS kelas 7 di MTsN 2 Kota Blitar 2) mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat penerapan pendidikan karakter kelas 7 melalui pembelajaran IPS di MTsN 2 Kota Blitar 3) mengetahui dampak penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS kelas 7 di MTsN 2 Kota Blitar. Hasil yang didapat pada penelitian menunjukkan bahwa 1) Pada pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS dilakukan melalui tiga proses yaitu perencanaan, kegiatan inti atau pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan dan pelaksanaan tersebut melalui pembuatan RPP dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan pada saat proses pembelajaran di kelas sedangkan, untuk evaluasi melalui proses penilain pengetahuan juga proses pengamatan selama berada di kelas maupun di luar kelas. 2) Faktor pendorong pelaksanaan pendidikan karakter melalui aturan-aturan yang ada di Madrasah, ketegasan guru dalam mendidik dan dukungan orang tua. Sedangkan, faktor penghambatnya ialah dari internal madrasah sendiri, kemudian kurangnya kesadaran peserta didikdalam menaati peraturan dan kebiasaan pendidik yang buruk. 3) Dampak pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS ialah terbentuknya karakter peserta didik yang disiplin, bertanggung jawab, mandiri, religius, dan sopan santun

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193075 FAUZIATIN NISA'
Date Deposited: 29 Aug 2023 09:21
Last Modified: 29 Aug 2023 09:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38980

Actions (login required)

View Item View Item