STRATEGI GURU SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

LINA HANISWATI, 12201193312 (2023) STRATEGI GURU SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru SKI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh LINA HANISWATI, NIM. 12201193312, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 2023. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mempelajari SKI. Salah satu kelemahan dalam pembelajaran SKI di Madrasah adalah stigma menghafal. Siswa tidak selalu memiliki motivasi belajar yang tinggi, hal ini sesuai dengan yang dialami siswa di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Dalam hal ini guru memiliki tugas membuat siswa merasa tertarik dan nyaman dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga perlu adanya strategi khusus dari guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)Mendeskripsikan perencanaan guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. (2)Mendeskripsikan pelaksanaan guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung.(3)Mendeskripsikan evaluasi guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan.(1) perencanaan guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII meliputi, Penyusunan Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus, Materi pembelajaran bersumber dari LKS dan buku paket, Memaksimalkan apa yang tertera di dalam RPP, namun bisa berubah sesuai dengan kondisi saat proses pembelajaran berlangsung, Sebelum memulai pembelajaran guru melakukan dialog atau cerita kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan, dengan tujuan untuk memfokuskan siswa pada pembelajaran dan memberi gambaran siswa terkait materi yang akan dipelajari. (2) pelaksanaan guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII yaitu, Guru mengkondisikan suasana kelas, Guru membuka pembelajaran dengan salam dan penuh semangat, Guru menyapa siswa satu persatu melalui presensi (absen), Guru menyampaikan materi apa yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran sesuai dengan RPP, Guru berusaha menjalin keakraban dengan siswa, diawal pembelajaran guru sedikit mengulas kembali materi yang telah dipelajari, bertujuan untuk mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari, guru menutup pembelajaran dengan menanyakan kembali materi yang sudah dipelajari dan menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya, Guru menggunakan strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi pembelajaran ekspoiri, strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran berbasis masalah, metode yang digunakan guru adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, bentuk motivasi yang diberikan guru kepada siswa berupa memberikan nilai, hadiah, hukuman dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. (3)Evaluasi guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung adalah evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193312 Lina Haniswati
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:26
Last Modified: 21 Aug 2023 06:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39014

Actions (login required)

View Item View Item