PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI AL- MA’ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

EKA YULIANA, 2817123048 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MI AL- MA’ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V MI Al- Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ditulis oleh Eka Yuliana, NIM 2817123048, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd Kata Kunci: Team Games Tournament, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya model pembelajaran kelompok pada pembelajaran IPA di MI Al Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung yang disebabkan kurang adanya motivasi belajar peserta didik sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Dengan model tersebut diharapkan dapat membantu memotivasi peserta didik dalam memaksimalkan pembelajaran khususnya secara berkelompok sehingga hasil belajar IPA dapat meningkat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar IPA materi proses pembentukan tanah karena pelapukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) peserta didik kelas V MI Al- Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung ? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi proses pembentukan tanah karena pelapukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) peserta didik kelas V MI Al- Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar IPA materi proses pembentukan tanah karena pelapukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) peserta didik kelas V MI Al- Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi proses pembentukan tanah karena pelapukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) peserta didik kelas V MI Al- Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas V MI Al Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung yang berjumlah 27 peserta didik dengan jumlah 14 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan angket. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila ketuntasan belajar siswa mencapai 75% dari jumlah siswa satu kelas dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPA dapat membantu peserta didik memahami materi proses pembentukan tanah karena pelapukan sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Langkah – langkah pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terdiri dari: (1) penyajian kelas, (2) belajar kelompok, (3) validasi kelas, (4) turnamen, (5) penghargaan kelompok. Peningkatan motivasi belajar peserta didik mulai dari hasil angket peserta didik sebelum tindakan, sampai pada hasil angket setelah tindakan. Hal ini dapat diketahui dari skor rata – rata peserta didik. Dari hasil analisa diketahui bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dari tes awal hingga tes siklus II. Yaitu hasil belajar peserta didik pada tes awal dengan rata- rata nilai 53,70 ketuntasan belajar 33,33% siklus I rata- rata 72,59 ketuntasan belajar 55,56%, siklus II rata- rata nilai 81,48 ketuntasan belajar 81,48%. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V MI Al-Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123048 EKA YULIANA
Date Deposited: 03 Oct 2016 02:32
Last Modified: 03 Oct 2016 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3904

Actions (login required)

View Item View Item