IMPLEMENTASI METODE MENDONGENG DALAM MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI RA AL-HIDAYAH BRONGKOS, SIRAMAN, KESAMBEN, BLITAR

HENANZA ZHEILLA ZHADINA, 12206183015 (2023) IMPLEMENTASI METODE MENDONGENG DALAM MENINGKATKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI RA AL-HIDAYAH BRONGKOS, SIRAMAN, KESAMBEN, BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Mendongeng Dalam Meningkatkan Nilai Agama Dan Moral Di Ra Al-Hidayah Brongkos, Siraman, Kesamben, Blitar” ditulis Henanza Zheilla Zhadina, Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pembimbing Dr.Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata kunci: implementasi, dongeng, nilai, agama, moral Konteks pada lokasi penelitian ini adalah adanya problem yang terjadi dikalangan pendidikan maupun dari kalangan masyarakat, problem yang terjadi dilapangan yakni kurangnya pengertian sebagian orang tentang pentingnya menerapkan nilai- nilai agama dan moral bagi kehidupan. Penerapan nilai agama dan moral ini perlu di terapkan sejak dini, oleh karena itu, peneleti ingin meneliti tentang nilai agama dan moral di lembaga RA Al Hidayah Brongkos. Sehingga fokus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode mendongeng dalam meningkatkan nilai agama dan moral di RA Al Hidayah Brongkos. Alasan peneliti melakukan pengamatan di RA Al Hidayah Brongkos yaitu, ketika proses belajar mengajar berlangsung para pendidik di sekolah tersebut juga menggunakan beberapa metode pembelajaran, salah satunya adalah dengan metode mendongeng. Mereka dituntut untuk memberikan inovasi-inovasi dalam kegiatan belajar mengajar agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik. Namun, peneliti melihat keadaan disana bahwa ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, dalam menyampaikan nilai-nilai agama dan juga moral untuk anak usia dini dengan metode mendongeng kurang adanya inovasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data peneliti dilakukan dengan reduksi data, paparan data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan sejawat dengan diskusi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode mendongeng dalam meningkatkan nilai agama dan moral yaitu dengan membuat silabus maupun RPP, serta persiapan media yang baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode mendongeng dalam meningkatkan nilai agama dan moral yaitu dengan menyiapkan tempat dan suasana yang kondusif, skenario dan naskah dongeng, serta menyiapkan media yang sesuai dengan naskah dongeng. (3) Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode mendongeng dalam meningkatkan nilai agama dan moral dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik dan melakukan pengamatan secara rutin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183015 HENANZA ZHEILLA ZHADINA
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:44
Last Modified: 21 Aug 2023 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39048

Actions (login required)

View Item View Item