GIAN HERMAWAN, 12211193001 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP PERMATA INSANI ISLAMIC SCHOOL TANGERANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (617kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Gian Hermawan, 12211193001, 2023, “Analisis Kesulitan Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII pada Materi Getaran dan Gelombang di SMP Permata Insani Islamic School Tangerang” Skripsi, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, IPA, Getaran dan Gelombang Hal ini dilatarbelakangi oleh terdapat kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada SMP Permata Insani Islamic School Tangerang. Kesulitan belajar adalah kondisi siswa dimana siswa mengalami hambatan belajar dalam mencapai tujuan belajar. Hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa dalam mencapai tujuan belajar dapat datang dari dalam diri sendiri maupun dapat berasal dari lingkungan siswa. Untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, diperlukan adanya analisis kesulitan belajar. analisis adalah suatu kegiatan untuk mengetahui keseluruhan dari suatu peristiwa (perbuatan, karangan dan lainnya) secara menyeluruh dengan cara menguraikan peristiwa tersebut menjadi komponen-komponen sehingga didapatkan hubungan dan fungsi antar komponen-komponen dalam satu kesatuan yang terpadu serta memperoleh keadaan yang sebenarnya dan pemahaman keseluruhan dari suatu peristiwa. Oleh sebab itu, diperlukan adanya analisis kesulitan belajar untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dan untuk mengetahui cara untuk mengatasi kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui Bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam mempelajari mata pelajaran IPA demgam sub materi getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Permata Insani Islamic School. (2) Mengetahui cara mengatasi kesulitan belajar IPA pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII SMP Permata Insani Islamic School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dimana dalam penelitian ini menggunakan 3 Triangulasi yaitu Triangulasi sumber, Triangulasi Teknik dan Triangulasi Waktu. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Permata Insani Islamic School Tangerang dengan mengambil 6 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan data hasil tes soal dan wawancara dengan siswa. Analisis yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya kesulitan belajar IPA materi getaran dan gelombang yang dialami oleh siswa kelas VIII di SMP Permata Insani Islamic School Tangerang. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yaitu kurangnya motivasi belajar pada siswa, Slow Learner, Kebiasaan belajar yang kurang baik, lingkungan kelas yang kurang baik. (2) Upaya guru IPA di SMP Permata Insani Islamic School Tangerang untuk mengatasi kesulitan belajar IPA ada berbagai cara, yaitu: melakukan pemetaan siswa, melakukan stimulus dan melakukan kegiatan remedial.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211193001 GIAN HERMAWAN |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:12 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39049 |
Actions (login required)
View Item |