PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN PhET MATERI CERMIN DAN LENSA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS AL-MUSLIHUUN BLITAR

BREGI BERLIANA, 12211193075 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN PhET MATERI CERMIN DAN LENSA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS AL-MUSLIHUUN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan PhET Materi Cermin dan Lensa Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Al-Muslihuun Blitar” ini ditulis oleh Bregi Berliana, Nim. 12211193075, Program Studi Tadris Fisika (TFIS), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Minat Belajar, dan Hasil Belajar. Rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA disebabkan kurangnya variasi dan pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, terbatasnya sarana dan prasarana sekolah membuat kegiatan pembelajaran kurang menarik. Dalam upaya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar diterapkan model pembelajaran yang sesuai materi pembelajaran salah satunya dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) adalah bentuk inovasi dalam mengatasi pembelajaran yang monoton dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui adanya pengaruh Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan PhET kepada siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan PhET kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan PhET kepada siswa terhadap minat serta hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy eksperimenal dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Muslihuun Blitar yang terdiri dari 131 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu 29 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar dan tes hasil belajar. Uji intrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji manova. Hasil analisis pada data penelitian menunjukan: 1) Adanya pengaruh pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan PhET pada materi cermin dan lensa terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTs Al-Muslihuun Blitar, dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,002<0,05. 2) Adanya pengaruh pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan PhET pada materi cermin dan lensa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Muslihuun Blitar, dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000<0,05. 3) Adanya pengaruh pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan PhET pada materi cermin dan lensa terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Muslihuun Blitar, dengan nilai signifikansi uji manova sebesar 0,000<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193075 Bregi Berliana
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:52
Last Modified: 21 Aug 2023 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39050

Actions (login required)

View Item View Item