PENGEMBANGAN MEDIA POSTER TERINTEGRASI AYAT AL QURAN SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN MATERI USAHA DAYA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII DI MTsN 6 BLITAR

MEGA FAHMA LIDHINILLAH, 12211193035 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER TERINTEGRASI AYAT AL QURAN SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN MATERI USAHA DAYA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII DI MTsN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Poster Terintegrasi Ayat Al Quran Sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Usaha Daya Dan Pesawat Sederhana Kelas VIII Di MTsN 6 Blitar” ini ditulis oleh Mega Fahma Lidhinillah, NIM. 12211193035, pembimbing Ibu Dr. Desyana Olenka M. M. Si. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, poster, integrasi ayat Al Quran, suplemen pembelajaran, usaha, daya, pesawat sederhana Penelitian dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Poster Terintegrasi Ayat Al-Quran Sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Usaha Daya Dan Pesawat Sederhana Kelas VIII Di MTsN 6 Blitar” dilatar belakangi oleh masalah yang muncul terjadi karena faktor internal dan eksternal. faktor internal berasal dari kemampuan guru untuk mengembangkan variasi media belajar dan kemampuan siswa yang sulit untuk berkonsentrasi dalam proses pembelajaran. Faktor eksternal yang melatar belakangi masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran, serta fasilitas elektronik seperti LCD yang terbatas Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media poster, bagaimana validas media poster yang dikembangkan, dan bagaimana kepraktisan dan efektivitas media poster. Penelitian yang dikembangkan ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menambah variasi penggunaan media belajar. Media poster yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa media cetak dengan ukuran A3 yang terdiri dari empat poster. Poster yang pertama berisi materi usaha, poster kedua berisi materi daya, poster ketiga berisi materi pesawat sederhana, dan poster keempat berisi materi jenis-jenis pesawat sederhana Metode penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dipilih adalah model Borg and Gall yang dibagi menjadi dua tahap. Tahap I penelitian merupakan: (1) Potensi Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk skala kecil (7) Revisi Produk. Sedangkan pada Tahap II merupakan: (1) Uji coba pemakaian skala besar, (2) Revisi produk Hasil uji tahap I yang dilakukan oleh peneliti mendapatkan rata-rata total persentase 98.65 % untuk penilaian media poster terintegrasi ayat Al Quran dengan kriteria sangat layak dan sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Dan memperoleh persentase rata-rata 92.56% dengan kriteria sangat valid untuk penilaian materi media poster terintegrasi ayat Al Quran dengan kriteria sangat layak dan sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Uji keterbacaan produk dengan angket respon siswa diberikan kepada 34 siswa secara random memperoleh nilai rata-rata total persentase adalah 83.69 % dengan kriteria sangat baik digunakan sebagai media belajar dan penggunaan media poster dalam proses pembelajaran mendapatkan respon yang baik dari siswa. Hasil uji tahap II yang dilakukan oleh peneliti dengan uji normalitas mendapatkan hasil rata-rata sig. < 0.05 yang berdistribusi tidak normal. Sesuai dengan syarat bahwa uji normalitas berdistribusi tidak normal, maka langkah selanjutnya yang dilakukan oleh peneliti adalah uji non parametrik yaitu dengan uji Mann-Whitney U. Dari hasil uji test statitik Mann-Whitney U menunjukkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05 yang artinya hipotesis media poster terintegrasi ayat al quran sebagai suplemen pembelajaran efektif digunakan sebagai media belajar diterima. Analisis selanjutnya dilakukan dengan menghitung ketuntasan belajar secara klasikal. Pada kelas eksperimen diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 94.11 % dengan kategori sangat tinggi. Pada kelas kontrol diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 64.70 % dengan kategori cukup tinggi. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan, jika hasil tes yang diperoleh lebih dari 70% maka dapat dikategorikan berhasil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: fahma mega
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:21
Last Modified: 21 Aug 2023 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39052

Actions (login required)

View Item View Item