STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MIN 3 TULUNGAGUNG

DIAN ALIFFATUL INAYAH, 12205193189 (2023) STRATEGI GURU DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di MIN 3 Tulungagung” yang ditulis oleh Dian Aliffatul Inayah, NIM 12205193189, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang dihadapi belakangan ini yaitu sering kita jumpai perilaku menyimpang atau masalah-masalah yang di sebabkan oleh anak-anak baik di sekolah maupun di tempat lain seperti halnya melanggar peraturan sekolah, tawuran, bullying dll. Berdasarkan hal tersebut penulis menyimpulkan bahwa perilaku menyimpang diatas disebabkan karena kurangnya pendidikan karakter serta pemahaman peserta didik mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sehingga sebagai orang tua kedua disekolah guru wajib untuk menenamkan pendidikan karakter dan nilai- nilai pancasila kepada peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila “Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia”? 2) Bagaimana strategi guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila “Gotong Royong”? 3) Bagaimana strategi guru dalam mewujudkan profil pelajar pancasila “Mandiri”? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menganalisis data dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian Strategi Guru dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di MIN 3 Tulungagung adalah 1) pada dimensi “Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia” guru memberikan keteladanan dan pembiasaan yang baik, berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa guru menggunakan strategi Afektif dimana strategi ini menekankan kepada pembentukan sikap dan lebih menekankan pada ranah afektif. 2) pada dimensi “Gotong Royong” guru menggunakan cara dengan mendesain sedemikian rupa RPP dan kegiatan yang mendukung penerapan dimensi gotong royong. Selain itu guru juga melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan seperti kerja bakti dan piket kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam hal ini guru menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif dimana strategi ini lebih menekankan pada sistem kerjasama. 3) pada dimensi “Mandiri” guru menggunakan cara mengajak siswa untuk mengenali bakat dan minatnya, meminta siswa menceritakan pengalaman belajarnya, memberikan tugas agar mereka dapat mempelajari masalah dan mencari bagaimana solusinya serta menggunakan model pembelajaran Student Center. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru menggunakan strategi pembelajaran Discovery Learning yang bertujuan agar siswa dapat berkembang dan mempunyai karakter saintifik, meningkatkan rasa ingin tahu, perilaku sosial serta sikap mandiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193189 DIAN ALIFFATUL INAYAH
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:17
Last Modified: 23 Aug 2023 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39086

Actions (login required)

View Item View Item