SCAFFOLDING UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL YANG MELIBATKAN NILAI MUTLAK SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG

NOVI CAHYANTI, 12204193032 (2023) SCAFFOLDING UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL YANG MELIBATKAN NILAI MUTLAK SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Scaffolding untuk Mengurangi Miskonsepsi Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Melibatkan Nilai Mutlak Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Novi Cahyanti, NIM. 12204193032, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Scaffolding, Miskonsepsi, Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Melibatkan Nilai Mutlak Penelitian ini didasari dengan data yang ditemukan mengenai miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas X-2 di SMA Negeri 1 Tulungagung. Menurut penuturan guru pengampu mata pelajaran matematika kelas X, siswa masih salah mengartikan konsep dan relasi pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan nilai mutlak serta kesalahan perhitungan aljabar. Sedangkan menurut penjelasan siswa, mereka mengalami kesulitan aplikasi aturan sifat, relasi pertidaksamaan, dan menentukan himpunan penyelesaian dalam menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan nilai mutlak. Untuk menyikapi hal tersebut, diperlukan alternatif berupa pemberian scaffolding untuk mengurangi miskonsepsi materi pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan nilai mutlak. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan miskonsepsi materi pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan nilai mutlak siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Tulungagung, 2) untuk mendeskripsikan bentuk scaffolding untuk mengurangi miskonsepsi materi pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan nilai mutlak pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Tulungagung, dan 3) untuk mendeskripsikan pengurangan miskonsepsi materi pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan nilai mutlak siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Tulungagung setelah pemberian scaffolding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan di kelas X-2 SMA Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bentuk miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Tulungagung adalah miskonsepsi pengertian variabel, miskonsepsi relasi, miskonsepsi penggeneralisasian, miskonsepsi pengaplikasian aturan, miskonsepsi perhitungan, dan miskonsepsi penspesialisasian. 2) Bentuk scaffolding untuk mengurangi miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Tulungagung adalah explaining, reviewing berupa prompting and probing, interpreting student’s action and talk, dan students explaining and justifying, restructuring berupa identifying meaningful contexts, serta developing conceptual thinking berupa membuat koneksi dan generating conceptual discourse. 3) Pemberian scaffolding kepada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Tulungagung mampu mengurangi miskonsepsi materi pertidaksamaan linear satu variabel yang melibatkan nilai mutlak

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:44
Last Modified: 22 Aug 2023 08:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39110

Actions (login required)

View Item View Item