PENGARUH PENGGUNAAN METODE MNEMONIC DENGAN KARTU MAKE A MACTH TEHADAP DAYA INGAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA KELAS X SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

SEILA FADILLAH, 12204193184 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MNEMONIC DENGAN KARTU MAKE A MACTH TEHADAP DAYA INGAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA KELAS X SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Mnemonic dengan Kartu Make a Macth Terhadap Daya Ingat dan Hasil Belajar Siswa Materi Statistika Kelas X SMAN 1 Gondang” ini ditulis oleh Seila Fadillah, NIM 12204193184, Program Studi Tadris Matematika, UIN Sayyid Ali Rahmaullah Tulungagung, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Mnemonic, Make a Macth, Daya Ingat, Hasil Belajar. Memori memiliki peran inti dalam proses pembelajaran sebab terlibat secara langsung dalam kegiatan penyimpanan informasi ke dalam otak. Dalam proses pembelajaran terutama pelajaran matematika memori merupakan salah satu hal yang dapat mendukung keberhasilan siswa. Hal ini terlihat pada saat observasi siswa di SMAN 1 Gondang. Siswa yang mudah lupa dengan materi pelajaran. terutama materi matematika yang mengharuskan siswa untuk menghafal dan memahami materi pelajaran yang sudah diajarkan menjadikan kurang optimalnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan memori dan pemahaman siswa yaitu strategi mnemonic dengan menggunakan kartu make a match. Dengan penggunaan metode Mnemonic berbantuan kartu make a macth diharapkan mampu memberikan solusi atas kurangnya daya ingat dan hasil belajaran siswa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode mnemonic dengan kartu make a match terhadap daya ingat siswa materi statistika kelas X SMAN 1 Gondang. 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode mnemonic dengan kartu make a match terhadap hasil belajar siswa materi statistika kelas X SMAN 1 Gondang. 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode mnemonic dengan kartu make a match terhadap daya ingat dan hasil belajar siswa materi statistika kelas X SMAN 1 Gondang. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan desain posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siwa kelas X SMAN 1 Gondang yang berjumlah 378 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan X-10 sebgai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket dan lembar tes. Dalam penelitian ini, sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan tipe atau teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan uji MANOVA dengan bantuan SPSS 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pengaruh penggunaan metode mnemonic dengan kartu make a match terhadap daya ingat siswa materi statistika kelas X SMAN 1 Gondang. Pengaruh tersebut dikategorikan besar berdasarkan uji Cohen 2) ada pengaruh penggunaan metode mnemonic dengan kartu make a match terhadap hasil belajar siswa materi statistika kelas X SMAN 1 Gondang. Pengaruh tersebut dikategorikan sedang berdasarkan uji Cohen. 3) ada pengaruh penggunaan metode mnemonic dengan kartu make a match terhadap daya ingat dan hasil belajar siswa materi statistika kelas X SMAN 1 Gondang

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 23 Aug 2023 10:33
Last Modified: 23 Aug 2023 10:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39194

Actions (login required)

View Item View Item