HIDAYATUL KHASANAH, 2811123101 (2016) USAHA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAK TERPUJI DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (297kB) | Preview |
|
Text
bab IV.pdf Download (198kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (204kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Hidayatul Khasanah, NIM. 2811123101, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, ditulis dengan judul “Usaha Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Terpuji Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol”, yang dibimbing oleh Dr.Muhammad Jazeri, M.Pd, NIP. 19691204 200501 1 005. Kata Kunci: Usaha, Guru Akidah Akhlak, Akhlak Terpuji. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh MTs Darul Falah merupakan sekolah agama yang berada di kecamatan Sumbergempol. Setiap tahunnya MTs Darul Falah menerima murid lulusan dari berbagai SD atau MI baik Negeri ataupun swasta yang telah memenuhi syarat sebagai calon siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol. Sehingga calon siswa yang diterima dari berbagai sekolah baik SD atau MI Negeri ataupun swasta dengan latar belakang sekolah yang berbeda maka perilaku dari berbagai lulusan tersebut berbeda-beda. Penelitian ini difokuskan pada: (1)Usaha guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak terpuji siswa melalui pembelajaran di MTs Darul Falah.(2)Usaha guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak terpuji siswa melalui pembiasaan di MTs Darul Falah.(3)Usaha guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak terpuji siswa melalui penguatan di MTs Darul Falah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu peneliti meneliti objek alamiah atau fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data penulis menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti dalam keabsahan data menggunakan triangulasi data Bertitik dari hal tersebut peneliti mencoba untuk mengadakan penelitian yang hasilnya dituangkan dalam skripsi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1)Usaha guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak terpuji siswa melalui pembelajaran yaitu dengan pengkondisian kelas, guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum mengajar di kelas, usaha pembelajaran guru yang variatif yaitu strategi pembelajaran langsung (direct instruction) dan strategi pembelajaran interaktif dalam pembelajaran di dalam kelas. (2)Usaha guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak terpuji siswa melalui pembiasaan yaitu membaca salah satu surat di dalam kitab suci al-Qur’an yaitu surat Yasin sebelum awal pembelajaran dimulai, siswa melaksanakan shalat dhuha bersama para guru yang mendampingi peserta didik, bagi siswi yang berhalangan (haidh) membaca shalawat nariyah secara bersama-sama di serambi sebelah masjid sekolah, infaq pada hari jum’at, istighotsah sebulan sekali. (3) Usaha guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak terpuji siswa melalui penguatan yaitu memberi pujian, memberi tambahan nilai dan memberi hadiah atau hukuman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123101 HIDAYATUL KHASANAH |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 02:07 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 02:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3920 |
Actions (login required)
View Item |