VINA LUTFIAH, 12209193128 (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (359kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul: “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Vina Lutfiah, NIM. 12209193128, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci: Pengaruh, Media Sosial Instagram, Prokrastinasi Akademik Penelitian skripsi ini di latar belakangi dengan adanya perilaku prokrastinasi siswa pada mata pelajaran IPS yang di pengaruhi oleh media sosial instagram di SMPN 6 Tulungagung. Prokrastinasi adalah penundaan tugas yang dilakukan pada jenis tugas formal yang berkaitan dengan tugas akademik misalnya tugas sekolah dan tugas kursus. Prokrastinasi akademik dapat terjadi dikalangan siswa dikarenakan adanya kecanduan terhadap media sosial terutama pada media sosial instagram. Sehingga berdampak pada kurangnya fokus belajar siswa, sering melakukan penundaan pada tugas atau pekerjaan rumah (PR) pada suatu mata pelajaran terutama pada mata pelajaran IPS dan kurangnya hasil yang maksimal. Rumusan masalah pada penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perilaku prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 6 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh media sosial instagram terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 6 Tulungagung? (3) Seberapa besar pengaruh media sosial instagram terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 6 Tulungagung?. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F–VIII K SMPN 6 Tulungagung yang berjumlah 325 siswa. Kemudian teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini berdasarkan kriteria yang telah dibuat, maka sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian menunjukkan: Berdasarkan angket yang disebarkan kepada siswa kelas VIII di SMPN 6 Tulungagung siswa yang mengakses media sosial instagram dan yang melakukan prokrastinasi akademik tergolong cenderung tinggi, Selanjutnya berdasarkan hasil dari uji hipotesis maka di dapatkan hasil sig = 0,000 (0,000< 0,05) sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh media sosial instagram terhadap perilaku prokrastinasi siswa pada mata pelajaran IPS, Sedangkan, berdasarkan uji hipotesis maka di dapatkan nilai (R) sebesar 0,679, menunjukan bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang kuat. Sementara nilai R Square sebesar 46,1% sedangkan 53,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193128 Vina Lutfiah |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 12:06 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 12:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39221 |
Actions (login required)
View Item |