PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFaE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTsN 2 TRENGGALEK

SINTA DEWY, 12204193014 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFaE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFaE) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Peserta Didik Materi Statistika Kelas VIII MTsN 2 Trenggalek" ini ditulis oleh Sinta Dewy, NIM. 12204193014, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis, Statistika Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik dalam proses belajar. Sementara itu, kemampuan penalaran adaptif matematis merupakan salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran matematika. Penggunaan model pembelajaran konvensional yang masih terfokus kepada guru menjadi aspek yang membuat peserta didik cenderung pasif. Langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif matematis adalah merubah model pembelajaran dalam proses pembelajaran. Salah satu varian model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Peneliti menerapkan model pembelajaran SFaE dalam proses pembelajaran untuk mendukung kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik pada materi statistika. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik materi statistika kelas VIII MTsN 2 Trenggalek dan (2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik materi statistika kelas VIII MTsN 2 Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 2 Trenggalek yang berjumlah 236. Teknik sampling yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian adalah purposive sampling. Purposive sampling sendiri digunakan karena penentuan sampel dengan cara menentapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisis data dari hasil penelitian menggunakan Uji Independent Samples T-Test dan Effec Size Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik kelas VIII MTsN 2 Trenggalek pada materi statistika dan (2) besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik kelas VIII MTsN 2 Trenggalek pada materi statistika adalah 0,55 atau 69% termasuk golongan sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193014 Sinta Dewy
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:06
Last Modified: 25 Aug 2023 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39275

Actions (login required)

View Item View Item