PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI YAPENDAWA BENDOREJO POGALAN TRENGGALEK

IDA NURJANAH, 2817123074 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI YAPENDAWA BENDOREJO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (407kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Melalui Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik kelas IV MI Yapendawa Bendorejo Pogalan Trenggalek” ini ditulis oleh Ida Nurjanah NIM:2817123074,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI , IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh.Arif, M.Pd Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, IPA, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di sekolah, yang hasil belajar peserta didik yang belum maksimal. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model kooperati tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe Jigsaw melalui media visual pada mata pelajaran IPA materi memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya bagi peserta didik Kelas IV MI Yapendawa Bendorejo Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw melalui media visual dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya pada peserta didik kelas IV MI Yapendawa Bendorejo Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2015/2016 ? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw melalui media visual pada mata pelajaran IPA materi memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya bagi peserta didik Kelas IV MI Yapendawa Bendorejo Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2015/2016,(2)Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw melalui media visual pada mata pelajaran IPA dengan materi memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya pada peserta didik kelas IV MI Yapendawa Bendorejo Pogalan Trenggalek tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah pesera didik kelas IV MI Yapendawa, Bendorejo, Pogalan ,Trenggalek. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain, tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang diharusnya dicapai, denga nilai KKM 70. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPA setelah melalui langkah-langkah kegiatan awal., inti dan juga akhir menunjukkan adanyya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Yapendawa Bendorejo Pogalan Trenggalek. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 63,40. Peserta didik yang mendapat nilai < 70 sebanyak 13 peserta didik (59,09%) dan >70 sebanyak 9 siswa (40,90%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 79,31 peserta didik yang mendapat < 70 sebanyak 5 peserta didik (22,27%) dan >70 sebanyak 17 peserta didik (77,27%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Yapendawa Bendrejo, Pogalan, Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123074 IDA NURJANAH
Date Deposited: 10 Oct 2016 07:05
Last Modified: 10 Oct 2016 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3929

Actions (login required)

View Item View Item