ILMA NUR FUADA, 2817123078 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III SDI TANJUNGSARI SUKOREJO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
halman depan.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I pdf.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (415kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (694kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas III SDI Tanjungsari Sukorejo Blitar ini ditulis oleh Ilma Nur Fuada, NIM 2817123078, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPS di SDI Tanjungsari Sukorejo Blitar yang hasil belajar peserta didik masih belum maksimal. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan lingkungan alam dan buatan peserta didik kelas III SDI Tanjungsari Sukorejo Blitar tahun ajaran 2015/ 2016? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan lingkungan alam dan buatan peserta didik kelas III SDI Tanjungsari Sukorejo Blitar tahun ajaran 2015/ 2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan lingkungan alam dan buatan peserta didik kelas III SDI Tanjungsari Sukorejo Blitar tahun ajaran 2015/ 2016. (2) Untuk Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan lingkungan alam dan buatan peserta didik kelas III SDI Tanjungsari Sukorejo Blitar tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III-B SDI Tanjugsari Sukorejo Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS setelah melalui langkah-langkah kegiatan awal, inti dan juga akhir menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III-B SDI Tanjungsari Sukorejo Blitar. Data dari siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik secara keseluruhan adalah 63,31 dengan prosentase ketuntasan 48,27%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 81,33 dengan prosentase ketuntasan 86,66%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | SKRIPSI 2817123078 ILMA NUR FUADA |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 06:13 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 06:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3930 |
Actions (login required)
View Item |