STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN 3 TULUNGAGUNG

ALFINA NUR LAILIA, 12201193369 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Alfina Nur Lailia, NIM. 12201193369, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Fiqih. Konteks penelitian dalam skripsi ini adalah adanya sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah biasanya banyak ditemui siswa-siswi pada sekolah tersebut mengalami kesulitan belajar, terutama pada mata pelajaran fiqih. Masalah kesulitan belajar yang dialami tidak hanya mengenai mengingat maupun menghafal, namun juga terkait memahami materi fiqih. Melihat begitu banyaknya masalah yang muncul, maka seorang guru harus dapat membimbing siswa untuk mengatasi masalah kesulitan belajar yang dihadapi. Adanya fenomena tersebut, membuat peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Tulungagung?; (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Tulungagung?; (3) Bagaimana evaluasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Tulungagung yaitu guru menyiapkan RPP pembelajaran fiqih, media dan bahan ajar dengan memperhatikan kemampuan, karakter, dan kondisi siswa, guru membiasakan siswa untuk melakukan kegiatan membaca, menghafal, dan menulis, serta menentukan metode pembelajaran dan menyusun penilaian. (2) Pelaksanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Tulungagung yaitu di awal pembelajaran guru melakukan kegiatan apersepsi dan motivasi, guru menerapkan metode drill sebagai latihan dan metode pembelajaran diskusi, guru memberi ruang kepada siswa untuk bertanya, dan guru memberikan penguatan dengan kesimpulan serta melakukan evaluasi singkat terhadap siswa. (3) Evaluasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 3 Tulungagung yaitu guru memberikan soal lisan maupun tulisan untuk mengukur kemampuan siswa. Selain dengan tes, guru juga melakukan evaluasi terhadap sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan guru juga menyediakan kesempatan remedial dan pengulangan bagi siswa yang belum tuntas dalam tes maupun evaluasi praktik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193369 alfina nur lailia
Date Deposited: 25 Aug 2023 09:15
Last Modified: 25 Aug 2023 09:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39323

Actions (login required)

View Item View Item