PENGARUH LAMA BELAJAR DI RUMAH DAN SIKAP OTORITER ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS III MIN 1 TULUNGAGUNG DI ERA PANDEMI COVID-19

SEKAR OKTIKAWATI, 12205173274 (2023) PENGARUH LAMA BELAJAR DI RUMAH DAN SIKAP OTORITER ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS III MIN 1 TULUNGAGUNG DI ERA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (714kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Sekar Oktikawati. 12205173274. 2022. “Pengaruh Lama Belajar di Rumah dan Sikap Otoriter Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa Kelas III MIN 1 Tulungagung Di Era Covid- 19“, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: Suwanto, M.S.I Kata Kunci: Lama Belajar di Rumah, Sikap Otoriter Orang Tua, Hasil Belajar SKI Pembelajaran selama pandemic covid-19 dilaksanakan di rumah atau daring. Lama belajar di rumah anak mengalami kelelahan bahkan kebosanan sehingga dapat memicu sikap otoriter orang tua yaitu menuntut anak untuk terus belajar tanpa melihat fisik anak. Rumusan masalah: 1) Adakah lama belajar di rumah berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas III MIN 1 Tulungagung di era pandemi Covid-19? 2) Adakah sikap otoriter orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas III MIN 1 Tulungagung di era pandemi Covid-19? 3) Adakah lama belajar di rumah dan sikap otoriter orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas III MIN 1 Tulungagung di era pandemi Covid-19? Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif bersifat ex-post facto. Variable independent lama belajar dan sikap otoriter orang tua, variable dependen hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN 1 Tulungagung. Sampel diambil dengan Teknik purposive sampling sejumlah 50 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian didapatkan: Variabel lama belajar di rumah (X1), berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar SKI (Y) siswa kelas III MIN 1 Tulungagung dimana secara statistik didapatkan nilai signifikasi uji t 0,004 < 0,05. Variabel sikap otoriter orang tua (X1), berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar SKI (Y) siswa kelas III MIN 1 Tulungagung dimana secara statistik didapatkan nilai signifikasi uji t 0,001 < 0,05. Variabel lama belajar di rumah dan sikap otoriter orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu hasil belajar SKI siswa kelas III MIN 1 Tulungagung di era pandemi Covid-19 dimana secara statistik didapatkan nilai signifikasi uji F 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,809artinya variabel yang diukur dengan lama belajar di rumah dan sikap otoriter orang tua mempunyai pengaruh sebesar 80,9%, sedangkan sisanya yaitu 19,1% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173274 SEKAR OKTIKAWATI
Date Deposited: 25 Aug 2023 09:22
Last Modified: 25 Aug 2023 09:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39325

Actions (login required)

View Item View Item