INDRI STYANINGRUM, 12206193006 (2023) IMPLEMENTASI MEDIA CELEMEK CERITA UNTUK MENSTIMULASI PENGUASAAN MUFRADAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI RA TAWING 1. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Styaningrum, Indri. 2023. Implementasi Media Celemek Cerita untuk Menstimulasi Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di RA Tawing I. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Machrup Eko Cahyono, M.Pd. Kata kunci: Media Celemek Cerita, Penguasaan Mufradat Penguasaan mufradat merupakan salah satu kegiatan yang rutin diterapkan di RA Tawing I. Hal ini sebagai bentuk pengenalan awal terhadap pembelajaran bahasa Arab. Pentingnya penguasaan mufradat sejak dini yaitu sebagai bekal kedepannya agar anak lebih mudah dalam memahami setiap lafadz yang menggunakan bahasa Arab termasuk tidak kesulitan ketika mengetahui makna setiap lafadz dalam Al-Qur’an. RA Tawing I telah menerapkan media celemek cerita untuk menstimulasi penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan implementasi media celemek cerita untuk menstimulasi penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di RA Tawing I? (2) Bagaimana Pelaksanaan implementasi media celemek cerita untuk menstimulasi penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di RA Tawing I? (3) Bagaimana Capaian implementasi media celemek cerita untuk menstimulasi penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di RA Tawing I? (4) Bagaimana Evaluasi implementasi media celemek cerita untuk menstimulasi penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di RA Tawing I? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui tiga tahap antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles and Huberman. Tahapan analisis data tersebut adalah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) Perencanaan implementasi media celemek cerita untuk menstimulasi penguasaan mufradat yaitu dimulai dengan menyiapkan media celemek cerita, memilih mufradat, membuat cerita ataupun guru membacakan cerita yang sudah ada dan menata ruang. 2) Pelaksanaan implementasi media celemek cerita untuk menstimulasi penguasaan mufradat yaitu dimulai dengan kegiatan murojaah mufradat yang sudah disampaikan oleh guru pada pembelajaran sebelumnya kemudian dilanjutkan dengan pengenalan mufradat baru dengan menggunakan media celemek cerita.3) Capaian implementasi media celemek cerita untuk menstimulasi penguasaan mufradat yaitu adanya peningkatan terhadap penguasaan mufradat yang dimiliki anak. 4) Evaluasi yaitu implementasi media celemek cerita untuk menstimulasi penguasaan mufradat yaitu didapat hasil yang signifikan terhadap penguasaan mufradat anak. Selain itu juga sebagai sarana untuk meninjau masalah pada saat pelaksanaan guna diperbaiki untuk kegiatan berikutnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193006 Indri Styaningrum |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 06:42 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39362 |
Actions (login required)
View Item |