STRATEGI GURU KESISWAAN DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS MA’ARIF UDANAWU BLITAR

CHABBA AMARU DZIKRI, 17201163078 (2023) STRATEGI GURU KESISWAAN DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Kesiswaan dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di Mts Ma’arif Udanawu Blitar” ditulis oleh Chabba Amaru Dzikri, NIM 17201163078, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Agus Purwowidodo M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Akhlakul Karimah Penanaman pendidikan karakter sangat penting melihat kondisi moral bangsa yang semakin hari semakin memperhatinkan. Penanaman karakter pada usia Madrasah Tsanawiyah harus ditanamkan dengan sungguh-sungguh, karena usia tersebut sangat kritis dalam pembentukan akhlak seseorang. Guru harus membekali siswa dengan perilaku akhlakul karimah melalui penanaman nilai-nilai pendidikan dan pembiasaan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru kesiswaan dalam membina akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Udanawu Blitar ? (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah siswa oleh guru kesiswaan di MTs Ma’arif Udanawu Blitar ? (3) Bagaimana evaluasi guru kesiswaan dalam membina akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Udanawu Blitar ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru kesiswaan dalam membina akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah siswa oleh guru kesiswaan di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. (3) Untuk mengetahui evaluasi guru kesiswaan dalam membina akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Udanawu Blitar. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan guru kesiswaan dalam membina akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Udanawu Blitar adalah dengan menetapkan tujuan, mengumpulkan bahan ajar, menentukan metode beserta alat pembelajarannya dan terakhir menyusun penilaian. (2) Pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah siswa oleh guru kesiswaan di MTs Ma’arif Udanawu Blitar didasarkan pada kurikulum 2013. Guru berperan informator, organisator, pengarah/direktor, dan evaluator. Metode yang digunakan ialah metode ceramah, demonstrasi dan pembiasaan. Materi yang digunakan dengan mempertimbangkan tujuan, siswa dan model akhlak yang sedang berlangsung. Dipilih media untuk menunjang proses pendidikan. Terakhir dilakukan penilaian dan pemberian sanksi kepada siswa yang melanggar. (3) Evaluasi guru kesiswaan dalam membina akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Udanawu Blitar dilaksanakan setiap hari. Setiap hari guru mengumpulkan informasi untuk digunakan sebagai bahan evaluasi siswa. Evaluasi yang dilakukan siswa mencangkup sikap spiritual dan sikap sosial siswa selama menjadi siswa madrasah. Untuk pelanggaran ringan evaluasi dilakukan langsung ketika ada siswa yang melanggar. Sedangkan untuk pelanggaran sedang, berat dan pelanggaran yang dilakukan selama diluar madrasah. Evaluasi dilaksanakan dihadapan seluruh siswa madrasah, dengan tujuan memberi efek jera kepada siswa yang melanggar dan menjadi contoh kepada siswa lain bahwa perilaku tersebut dilarang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163078 Chabba amaru dzikri
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:40
Last Modified: 02 Nov 2023 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39385

Actions (login required)

View Item View Item