YUNINA ROHMAH, 12204193050 (2023) PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (806kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (444kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (863kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (713kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Lingkaran pada Siswa Kelas VIII MTsN 5 Kediri” ini ditulis oleh Yunina Rohmah, NIM. 12204193050, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci : Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Kemampuan pemahaman konsep, materi lingkaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep khususnya materi lingkaran yang dapat menghambat proses pembelajaran matematika. Terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada materi lingkaran, antara lain (1) kesulitan dalam memahami konsep unsur-unsur lingkaran dan (2) kesulitan ketika mengaplikasikan konsep lingkaran dengan masalah-masalah yang berhubungan dengan kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri (2) Mengetahui besar pengaruh pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji – t diperoleh nilai sig. = 0,000 ≤ sig. (2-tailed) = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri pada taraf signifikansi 5%. (2) Besarnya pengaruh pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri adalah 96,4% dan tergolong dalam kategori effect size tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193050 Yunina Rohmah |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 09:14 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 09:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39468 |
Actions (login required)
View Item |