MUKHAMMAD MAHBUB UBAIDILLAH, 12201183085 (2023) INOVASI PENDIDIKAN PAI BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
SAMPUL.pdf Download (788kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (38kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Mukhammad Mahbub Ubaidillah, 12201183085, Judul Skripsi “Inovasi Pendidikan PAI Berbasis Blended Learning Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir Tulungagung” Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah ilmu keguruan tulungagung. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam (PAI), Covid-19 Indonesia saat ini sedang terkena wabah virus Covid-19. Hal ini tentunya berdampak terhadap pendidikan, sehingga perlu adanya perubahan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam masa pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Perubahan proses belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19 ini dilaksanakan dengan berbagai macam strategi pembelajaran. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19. Persamaan penelitian ini dengan penelitian yang sudah ada adalah sama-sama membahas tentang strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian yang sudah ada adalah Penelitian ini meneliti strategi guru pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 sedangkan penelitian yang sudah ada adalah meneliti strategi pembelajaran pada masa normal. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana perencanaan inovasi pendidikan PAI Berbasis Blended Learning untuk membentuk karakter peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir Tulungagung?; 2). Bagaimana pelaksanaan inovasi pendidikan PAI berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir Tulungagung?; 3). Bagaimana evaluasi inovasi pendidikan PAI berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir Tulungagung? Tujuan penelitian 1). Untuk mengetahui perencanaan inovasi pendidikan PAI Berbasis Blended Learning untuk membentuk karakter peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir Tulungagung; 2).Untuk mengetahui pelaksanaan inovasi pendidikan PAI Berbasis Blended Learning untuk membentuk karakter peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir Tulungagung; 3). Untuk mengetahui evaluasi inovasi pendidikan PAI berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, serta pendekatan penelitian deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sumber pendukung lainnya berupa buku-buku, untuk mendapatkan data dengan cara observasi ke sekolah, wawancara dengan kepala sekolah, guru PAI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1). Perencanaan yang dilakukan guru PAI dalam inovasi pendidikan PAI Berbasis Blended Learning di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir meliputi sekolah merencanakan layanan pembelajaran yaitu berupa google suite for education. Guru mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan google suite for education. Guru mempersiapkan rancangan metode pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran yang akan disampaikan secara daring maupun luring. 2). pelaksanaan yang dilakukan guru PAI dalam inovasi pendidikan PAI Berbasis Blended Learning di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir meliputi pelaksanaan pembelajaran dilakukan ganjil genap daring dan luring. Guru mempersiapkan seluruh penugasan dilakukan secara daring. Salam dan doa untuk memulai pembelajaran, menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, pendidik mengajak peserta didikuntuk membaca surat-surat pendek Al-Quran agar peserta didik memiliki kebiasaan untuk membaca Al-Quran, menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang harus dicapai supaya peserta didik dengan serius melakukan proses pembelajaran karena memiliki tujuan yang akan dicapai, guru memberikan link video dan memberi penjelasan singkat sebagai stimulus mengenai materi yang akan diterapkan dan dipelajari, guru mempersilahkan peserta didik untuk menyimak video dengan seksama dan memahami materi pokok yang terkandung dalam video tersebut, guru menjelaskan materi yang ada di buku LKS dan link video yang sudah dibagikan serta media pembelajaran dan metode pembelajaran yang sudah di sesuaikan dengan materi yang diberikan, dan guru mempersilahkan peserta didik untuk bertanya. 3). Evaluasi yang dilakukan guru PAI dalam inovasi pendidikan PAI Berbasis Blended Learning di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kalidawir meliputi Peniaian kinerja, portofolio, tes tulis, tes lisan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dwiyanti Reni |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 08:00 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 08:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39610 |
Actions (login required)
View Item |