EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALITAS MUTU KINERJA GURU DI SMAN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

SELVI ROSI ROSELLA, 12207193050 (2023) EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALITAS MUTU KINERJA GURU DI SMAN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (210kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Profesionalitas Mutu Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh SELVI ROSI ROSELLA, NIM. 12207193050, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing langsung oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd. I. Kata kunci: Supervisi, Peningkatan Profesionalitas, Mutu, Kinerja Guru Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan yang berguna untuk mencerdaskan bagi setiap makhluk sosial. Pendidikan tidaklah mengenal usia bagi dimulai dari masa kanak-kanak hingga usia dewasa, oleh karena itu penting adanya sebuah lembaga pendidikan yang digunakan untuk memasilitasi makluk sosial dalam mencari ilmu yang tentunya dalam suatu lembaga pendidikan haruslah diimbangi dengan manajemen yang baik, agar sumber daya yang ada menjadi harmonis dan dapat berkembang sehingga dapat mencapai tujuan yang ditentukan. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di SMAN 1 Boyolangu Tulungagung sebagai objek penelitian yang memiliki manajemen sumber daya yang baik dan memiliki nilai kedisiplinan tinggi baik dari pendidik maupun peserta didik. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan efektivitas supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalitas mutu kinerja guru di SMAN 1 Boyolangu?, 2) Bagaimana pelaksanaan efektivitas supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalitas mutu kinerja guru di SMAN 1 Boyolangu?, 3) Bagaimana evaluasi efektivitas supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan profesionalitas mutu kinerja guru di SMAN 1 Boyolangu?. Adapun tujua dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait perencanaan, pelaksanaan, da evaluasi kegiatan supervisi kepala sekolah di SMAN 1 Boyolangu dalam meningkatkan profesionalitas mutu kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan kegiatan supervisi kepala sekolah dilaksanakan ketika awal tahun pembelajaran dengan menyusun program jangka panjang dan jangka pendek. Dalam proses perencanaan dibentuk sebuah tim khusus untuk membantu kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatan supervisi. Dalam kegiatan perencanaan juga menyiapkan instrumen dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan saat kegiatan penilaian kinerja guru. 2) Pelaksanaan kegiatan supervisi dilakukan oleh kepala sekolah dan dibantu oleh tim khusus yaitu tim penilaian kinerja guru yang terdiri dari guru-guru senior. Pelaksanaan kegiatan supervisi dilakukan ketika sebelum pembelajaran, saat pembelajaran, dan sesudah pembelajaran. Dalam melaksanakan supervisi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu supervisi dengan pemberitahuan dan supervisi secara mendadak. Pelaksanaan supervisi dilakukan secara kondisional sesuai dengan panduan program supervisi, selain itu program supervisi juga digunakan penilaian kelengkapan administrasi dan perangkat pembelajaran. 3) Evaluasi supervisi dilakukan secara kontiyu atau berkelanjutkan, cara untuk mengevaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu evaluasi secara umum yang dilakukan setiap agenda rapat, dan evaluasi secara khusus atau personal guru. Dalam kegiatan evaluasi juga dilaksanakan kegiatan pengontrolan setiap hari yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kepemimpinan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193050 selvi rosi rosella
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:06
Last Modified: 04 Sep 2023 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39661

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item