PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWTOON TERHADAP MOTIVASI DAN INTERAKSI BELAJAR SISWA PADA MA TERI ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

YUSSI ADHILIA TOHARI, 12204183043 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWTOON TERHADAP MOTIVASI DAN INTERAKSI BELAJAR SISWA PADA MA TERI ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Motivasi dan Interaksi Belajar Siswa pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Yussi Adhilia Tohari, NIM. 12204183043, Pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Media Powtoon, Motivasi Belajar, Interaksi Belajar Motivasi dan interaksi belajar sangatlah penting terhadap proses pembelajaran karena akan mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolahan. Salah satu yang dapat meningkatkan motivasi dan interaksi belajar adalah pemanafaatan media pembelajaran yang kreatif yang membuat siswa dapat bersemangat dalam proses pembelajaran di kelas. Media pembelajaran yang dapat digunakan adalah beruapa video yaitu media powtoon yang merupakan media berbasis animasi yang menarik. Dengan pemanfaatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan interaksi belajar siswa di kelas. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui motivasi dan interaksi belajar siswa pada materi aljabar kelas VII SMPN 1 Sumbergempol sebelum menggunakan media powtoon, (2) Untuk mengetahui motivasi dan interaksi belajar siswa pada materi aljabar kelas VII SMPN 1 Sumbergempol sesudah menggunakan media powtoon, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powtoon terhadap motivasi dan interaksi belajar siswa pada materi aljabar kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Sumbergempol dengan sampel kelas kelas VII A dan VII D dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan interaksi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dengan bantuan Software SPSS For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada kelas kontrol atau sebelum menggunakan media powtoon memperoleh rata-rata motivasi dan interaksi belajar secara berturut-turut memperoleh rata-rata 37,97 dan 50,00, (2) Pada kelas eksperimen atau sesudah menggunakan media powtoon memperoleh rata-rata motivasi dan interaksi belajar secara berturut-turut mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata 39,70 dan 51,17, dan (3) Terdapat pengaruh penggunaan media powtoon terhadap motivasi siswa dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05 dan terdapat pengaruh juga penggunaan media powtoon terhadap interaksi belajar siswa dengan nilai signifikan 0,040 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Media Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183043 YUSSI ADHILIA TOHARI
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:25
Last Modified: 04 Sep 2023 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39696

Actions (login required)

View Item View Item