IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA ALAM SEMESTA UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH ABA 3 NGUNUT TULUNGAGUNG

AMELIA KURNIAWATI DJ, 12206193065 (2023) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA ALAM SEMESTA UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH ABA 3 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Impelemntasi Media Audio Visual Pada Tema Alam Semesta Untuk Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di TK Aisyiysah Aba 3 Ngunut Tulungagung” ini di tulis oleh Amelia Kurniawati DJ, NIM 12206193065, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: M Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio visual, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini Peneliti ini dilatar belakangi selama proses pembelajaran Anak usia dini, anak usia dini merupakan individu yang memiliki keunikan dalam dirinya sesuai dengan tahap perkembangannya. Maka dari itu didirikan lembaga PAUD guna memberikan pengaruh pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, seperti menstimulus, membimbing, mengasuh, dan memberikan kegiatan pembelajaran yang membuat anak dapat menghasilkan keterampilan mereka. Dapat dikatakan bahwasanya anak usia dini ini perlu dirangsang pertumbuhan baik perkembangannya sejak dalam kandungan sampai anak itu lahir. Anak usia dini adalah tipe anak yang imitatif sifat bawaan lahir yakni sifat suka meniru, dikarenakan mereka belajar melalui melihat dan mengamati suatu hal yang mereka lihat. Dengan itu anak akan mencontohkan apa yang mereka lihat dan di praktikkan bisa dalam bentuk perlakuan atau perkataan. dengan di setiap pembelajaran pendidik akan menggunakan media sebagai perantara untuk memberikan ilmu kepada anak. Dengan pengaplikasian media yang tepat pada pembelajaran akan lebih menarik untuk anak semangat pada saat belajar. peneliti memilih menggunakan pengaplikasian media audio visual berupa laptop sebagai pelaksanaan dalam pembelajaran, dikarenakan dalam setiap media akan terdapat kesukaran masing-masing, dengan itu anak akan belajar bagaimana untuk berpikir menyelesaikan masalah, mengingat, serta menggambil keputusan dalam setiap rintangan. Perkembangan kognitif sendiri mengacu pada kemampuan untuk belajar atau berpikir, yaitu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru, kemampuan untuk memahami apa yang terjadi di lingkungannya, serta kemampuan untuk menggunakan ingatan dan memecahakan masalah sederhana untuk diselesaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Impelemntasi Media Audio Visual Pada Kemampuan Berpikir Memecahakan Masalah, Mengingat, dan Menemukan solusi dalam Pembelajaran Alam Semesta Pada Kelompok B TK Aisyiyah Aba 3 Ngunut Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif anak pada kemampuan anak untuk berpikir memecahkan masalah, mengingat, dan mencari solusi pada implementasi pembelajaran tema alam semesta dengan menggunkan media audio visual Kelompok B TK Aisyiyah Aba 3 Ngunut Tulungagung. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan latar belakang alamiah dengan menfasirkan fenomena yang terjadi dengan melibatkan metode yang ada. Dengan menekankan pada masalah-masalah dalam kehidupan sosial dengan berdasarkan realita yang ada. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Penyajian data dalam penelitian kualitatif menyajikan datanya menggunakan dalam bentuk uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori, diagram dan sejenisnya. Penyajian yang paling sering digunakan untuk menyajikan data dalam penelitian kualitatif ini dengan menggunkan teks yang bersifat naratif. Dengan adanya penyajian data diharapkan peneliti dapat memahami berbagai bentuk dan hal yang mungkin terjadi. Hasil peneliti menunjukan bahwa: 1) perencanaan RPPH dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media audio visual untuk mengembangkan kognitif anak kelompok B, 2) Media audio visual dalam pembelajaran alam semesta pada perkembangan kognitif anak yang mengarah pada kemampuan ranah kognitif anak memiliki enam ranah didalmnya diantaranya: a) pengetahuan b) pemahaman c) penerapan d) analisae) Sintesaf) evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193065 Amelia Kurniawati DJ
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:00
Last Modified: 05 Sep 2023 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39713

Actions (login required)

View Item View Item