PUTRI KHIFDHIL KAROMATIL ULA, 12206193009 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PERILAKU IBADAH ANAK USIA DINI DI TK ANAK SALEH MALANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Karomatil ula, Putri khifdhil. 2023, Peran Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Ibadah Anak Usia Dini Di TK Terpadu Anak Saleh Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Ibu Liatul Rohmah, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru dan Perilaku Ibadah Anak Usia Dini Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui peran guru sebagai edukator dalam meningkatkan perilaku ibadah berwudhu,ibadah sholat, ibadah mengahfal doa pada anak usia dini di TK Anak Saleh Malang (2) Untuk mengetahuhi peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan perilaku ibadah berwudhu, ibadah sholat, ibadah menghafal doa pada anak usia dini di TK Anak Saleh Malang (3) Untuk mengetahui peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku ibadah berwudhu, ibadah sholat, ibadah menghafal doa pada anak usia dini di TK Anak Saleh Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di TK Anak Saleh Kota Malang. Peneliti melakukan pengamatan serta melibatkan diri dalam kegiatan sehingga dapat melihat langsung yang terjadi di lapangan. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan informasi dengan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi terkait fokus masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan perilaku ibadah anak usia dini yaitu: (1) Peran guru sebagai edukator dalam meningkatkan perilaku ibadah berwudhu, ibadah sholat, ibadah menghafal doa pada anak di TK Anak Saleh Malang yaitu memberi contoh secara langsung, guru sebagai instruktur, guru menjadi pembimbing. Jadi dalam mendidik perilaku ibadah anak harus menggunakan metode yang tepat yaitu demonstrasi dengan memberi contoh kepada anak. (2) Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan perilaku ibadah berwudhu, ibadah sholat, ibadah menghafal doa pada anak di TK Anak Saleh yaitu guru harus mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik, dengan memperhatikan prinsip-prinsip, guru memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan. (3) Peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan perilaku ibadah anak yaitu guru selalu mengamati anak setiap hari. Dengan hasil pengamatan guru selalu memberikan monitoring harian dan melakukan evaluasi setiap seminggu sekali serta melaporkan hasil pembelajaran kepada kepala sekolah dan orang tua agar mendapatkan solusi dalam pengembangan peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | S1 12206193009 Putri Khifdhil Karomatil Ula |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 02:27 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 02:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39812 |
Actions (login required)
View Item |